Konsumsi Minuman Beralkohol Tiga Kali Sehari Tingkatkan Resiko Kanker Hati

Reporter : | 26 Agu, 2015 - 1:59 pm WITA

alkohol , efek minuman alkohol , Kanker Hati

(foto: pixabay)

ManadoToday – Orang-orang yang meminum alkohol tiga atau lebih per hari dapat meningkatkan peluang mendapatkan kanker hati, menurut laporan dari para ahli.

Tapi ada kabar baik untuk pecinta kopi: Laporan, dari International World Cancer Research Fund, menemukan “bukti kuat” bahwa minum kopi mungkin benar-benar menurunkan peluang seseorang untuk kanker hati.

Peneliti melacak data dari 8,2 juta orang yang mengambil bagian dalam 34 studi di seluruh dunia. Ada total 24.500 kasus kanker hati di antara para peserta  yang ambil bagian dalam studi.

Tujuannya adalah untuk menentukan bagaimana diet, berat badan dan aktivitas fisik mempengaruhi risiko kanker hati. Penelitian dikumpulkan dan dikaji oleh tim di Imperial College London di Inggris, dan kemudian secara individu dinilai oleh para ahli internasional.

Seiring dengan peningkatan risiko yang terkait dengan minum tiga atau lebih minuman beralkohol sehari, para peneliti juga menemukan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas juga meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker hati.

Salah satu penyebab utama kanker hati adalah makanan yang terkontaminasi oleh aflatoksin. Aflatoksin adalah racun yang dihasilkan oleh jamur, sering muncul pada tempat penyimpanan makan yang tidak aman. Racun ini umumnya ditemukan dalam makanan hangat.

Makanan yang mungkin dapat dipengaruhi oleh aflatoksin termasuk sereal, rempah-rempah, kacang tanah, lada hitam, buah kering dan buah ara, menurut laporan tersebut.

Menurut penulis laporan itu, Anda dapat mengurangi risiko kanker hati dengan mempertahankan berat badan yang sehat dan tidak minum atau membatasi asupan alkohol untuk maksimal dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita.

Baca Juga :

Leave a comment