Tidur Siang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Reporter : | 29 Jul, 2015 - 3:51 pm WITA

Tidur Siang , manfaat Tidur Siang , tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Menyisihkan waktu untuk tidur siang saat sedang bekerja dapat meningkatkan produktivitas kerja, penelitian menunjukkan.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Michigan menemukan tidur siang saat sedang waktu istirahat bisa meredakan frustrasi dan meningkatkan keselamatan dalam bekerja.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat bagi individu yang mungkin diharuskan untuk tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama dengan meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit atau frustasi,” kata penulis studi Jennifer Goldschmied, seorang mahasiswa i departemen psikologi dikutip dari webdm.com.

Untuk meneliti bagaimana tidur siang singkat dapat mempengaruhi emosi seseorang, tim memberi 40 orang antara usia 18 dan 50 tahun jadwal tidur yang konsisten. Selama tiga malam, para relawan mengikuti jadwal ini sebelum melakukan berbagai tes pada komputer dan menjawab pertanyaan tentang rasa mengantuk, suasana hati dan impulsif.

Para peneliti kemudian secara acak menugaskan beberapa peserta untuk tidur siang. Sisanya harus menonton sebuah film, dan tidak diperbolehkan untuk tertidur. Peserta kemudian diuji kembali.

Hasilnya, mereka yang tidur siang, lebih sabar dan lebih banyak mencoba untuk memecahkan masalah daripada mereka yang tidak mendapatkan tidur siang.

Para peneliti mengatakan temuan mereka mendukung penelitian sebelumnya yang telah menemukan bahwa kurang tidur membuat seseorang lebih sulit untuk mengontrol respon emosional negatif.

Baca Juga :

Leave a comment