Raymond Flynn, Manusia Pertama di Dunia yang Memiliki ‘Mata Robot’

Reporter : | 24 Jul, 2015 - 3:09 pm WITA

Raymond Flynn, mata bionik, Argus II,

Raymond Flynn dengan ‘mata bionik’ (foto: PA)

ManadoToday – Seorang pensiunan Inggris telah menjadi manusia pertama di dunia yang mempunyai ‘mata bionik’ yang memungkinkan dia untuk melihat dengan menggabungkan penglihatan alami dan buatan.

Raymond Flynn, 80, tidak mampu melihat secara langsung dari pusat matanya sampai ia dilengkapi dengan perangkat yang menggunakan kamera mini untuk mengirim sinyal nirkabel ke reseptor pada retinanya.

Denyut listrik kemudian dikirim ke otak dan kemudian menguraikannya menjadi berbentuk, memungkinkan Flynn untuk melihat dengan mencampur peripheral vision dengan informasi digital.

“Kemajuan Flynn benar-benar luar biasa. Dia melihat manusia dan objek dengan sangat efektif, “kata Profesor Paulo Stanga, seorang ahli bedah di Rumah Sakit Mata Royal Manchester dikutip dari metro.co.uk.

Para ilmuwan mengatakan mereka yakin bahwa mata bionik yang disebut Argus II, bekerja dengan penglihatan alami Flynn karena pengujian membuktikan bahwa dia mampu ‘melihat’ dengan menggunakan perangkat bahkan ketika kelopak matanya tertutup.

Flynn, dari Audenshaw, Manchester, pertama mulai kehilangan penglihatannya delapan tahun lalu setelah mengembangkan penyakit degenerasi makula (AMD).

Baca Juga :

Leave a comment