Bisa Selamatkan Jutaan Nyawa, Vaksin Pertama Malaria Siap Digunakan

Reporter : | 24 Jul, 2015 - 1:30 pm WITA

 Vaksin malaria, malaria, GlaxoSmithKline, Mosquirix

(foto: PA)

ManadoToday – Vaksin malaria pertama di dunia diharapkan akan dilucurkan hari ini. Dibuat oleh raksasa obat GlaxoSmithKline dan didukung oleh pendiri Microsoft dan dermawan Bill Gates, vaksin ini bisa menyelamatkan jutaan nyawa.

Dianggap sebagai salah satu pembunuh terbesar di dunia, malaria mengklaim membunuh lebih dari 500.000 jiwa per tahun – atau satu kehidupan setiap satu menit. Sebagian besar kematian terjadi pada anak-anak balita, di sub-Sahara Afrika.

Dalam uji coba, anak-anak yang diberi Mosquirix mengurangi kemungkinan mereka untuk mengembangkan penyakit dalam tahun pertama vaksinasi. Mengingat luas Afrika, vaksin ini bisa mencegah jutaan kasus.

Meskipun obat ini belum sempurna dan perlindungan berkurang dari waktu ke waktu, obat ini disebut-sebut sebagai ‘prestasi yang luar biasa’ yang dapat membantu pemberantasan kematian akibat malaria dalam dua dekade adalah kemungkinan yang realistis.

Untuk harga belum diketahui, tetapi diprediksi harganya kurang dari sekitar Rp 50.000.

Jika Mosquirix disetujui oleh regulator obet Eropa, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diharapkan dapat menyebarkannya ke Afrika.

Para ilmuwan mengatakan bahwa meskipun vaksin, yang telah memakan 30 tahun pembuatan belum sempurna, itu adalah yang terbaik yang kita miliki.

Seorang juru bicara GSK mengatakan dikutip dari Mail Online, Jumat, (24/7/2015): ‘”Mengingat beban besar malaria di sub-Sahara Afrika, kami percaya ini bisa memiliki dampak kesehatan yang signifikan bagi masyarakat. “

Baca Juga :

Leave a comment