Wanita Mungkin Dua Kali Lebih Cepat Terkena Penyakit Alzheimer Dari Pada Pria

Reporter : | 23 Jul, 2015 - 6:40 pm WITA

 Penyakit Alzheimer

(foto: pixabay)

ManadoToday – Wanita yang memiliki masalah memori ringan – yang dikenal sebagai gangguan kognitif ringan – memburuk dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan laki-laki dengan kondisi yang sama, menurut penelitian baru.

Gangguan kognitif ringan tidak cukup parah untuk mengganggu kehidupan sehari-hari, tetapi hal ini terkait dengan kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer atau jenis lain dari demensia, kata para peneliti.

“Temuan kami menunjukkan kerentanan yang lebih besar pada wanita dengan tahap gangguan kognitif ringan, yang lebih parah dari kehilangan memori normal dan merupakan tahap perantara antara penuaan dan demensia,” kata pemimpin peneliti Katherine Lin, seorang sarjana penelitian klinis di Universitas Duke di Durham, NC dikutip dari health.com.

Beberapa faktor dapat menjelaskan peningkatan kerentanan ini di kalangan perempuan, Lin menambahkan. Genetik wanita cenderung untuk mengembangkan lebih banyak plak di otak, yang merupakan ciri khas dari Alzheimer, atau mungkin ada penyebab genetik lain yang belum diketahui, katanya.

Untuk menentukan alasan, penelitian berdasarkan gender untuk penyakit Alzheimer perlu dijadikan prioritas, kata Lin. Hasil studinya dijadwalkan akan dipresentasikan pada hari Selasa di Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer, di Washington, D.C.

Baca Juga :

Leave a comment