Aktivitas Fisik Dapat Mendorong Prestasi Anak Disekolah

Reporter : | 14 Jul, 2015 - 2:36 pm WITA

parenting, sekolah, prestasi sekolah, anak

(foto: pixabay)

ManadoToday – Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak untuk melatih otak mereka serta tubuh mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang aktif dalam olahraga atau aktivitas fisik tampil lebih baik di sekolah.

Para peneliti mengatakan aktivitas fisik dapat meningkatkan fungsi otak anak-anak dan keterampilan berpikir dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, serta memicu pelepasan hormon yang dapat membuat mereka ‘merasa lebih baik’ seperti endorfin.

“Selain efek fisiologis, partisipasi reguler dalam kegiatan olahraga dapat meningkatkan perilaku anak-anak di dalam kelas, meningkatkan kemungkinan konsentrasi yang lebih baik saat menerima pelajaran,” kata peneliti Amika Singh, PhD, dari Universitas Pusat Medis Univwersitas Vrije di Amsterdam, Belanda, dikutip dari webdm.com.

Dalam penelitian, peneliti melihat 14 studi tentang aktivitas fisik dan prestasi akademik pada anak-anak antara usia 6 dan 18 tahun. Dua belas dari penelitian dilakukan di AS

Analisis studi ini menyarankan bukti kuat hubungan positif antara aktivitas fisik dan prestasi akademik.

Dalam review, hanya dua dari studi yang memenuhi standar peneliti untuk penelitian ilmiah berkualitas tinggi. Kedua studi terbaik ini menegaskan hubungan antara aktivitas fisik dan prestasi akademik.

Meskipun hubungan positif antara aktivitas fisik dan prestasi akademik telah terbukti, namun peneliti mengatakan tingkat aktivitas fisik di sekolah menurun.

“Tekanan yang meningkat untuk meningkatkan nilai akademik sering menyebabkan penambahan waktu untuk mata pelajaran seperti matematika dan bahasa, imbasnya waktu untuk aktivitas fisik menurun,” tulis para peneliti.

Para peneliti mengatakan dibutuhkan studi lebih untuk lebih menjelaskan hubungan antara aktivitas fisik dan prestasi akademik.

Baca Juga :

Leave a comment