Apakah Anak Remaja Anda Berbohong ??

Reporter : | 14 Jul, 2015 - 12:50 pm WITA

parenting, tips parenting, keluarga, remaja

(foto: pixabay)

ManadoToday – Mencari tahu apakah anak remaja anda telah berbohong atau tidak bukanlah hal yang mudah. Para peneliti yang mempelajari kebohongan dan kebenaran di kalangan anak-anak telah menemukan bahwa orang tua sering tidak tahu kapan anak mereka berbohong.

Mencoba untuk menangkap basah anak remaja anda sedang berbohong mungkin hanya membuang-buang waktu anda, terapis keluarga mengatakan anda lebih baik menggunakan taktik yang berbeda: Buat bagi anak remaja anda mengatakan yang sebenarnya.

“Menghukum karena berbohong hanya mengajarkan anak-anak untuk menjadi pembohong yang lebih baik,” kata psikolog Laura Markham, PhD dikutip dari webdm.com.

Idealnya, anda harus membantu anak anda merasa nyaman untuk mengatakan kebenaran dari mulai dari usia dini. Tapi jika anak anda sudah remaja, tidak terlalu terlambat untuk menunjukkan bahwa dia bisa berkata jujur.

“Untuk melakukan hal ini dibutuhkan waktu tahunan secara konsisten untuk membuat anak remaja anda percaya untuk mengatakan yang sebenarnya kepada anda,” kata Joe Broome, MA, seorang terapis keluarga di Renton, Washington.

Cara untuk membangun ulang hubungan:

– Menghabiskan waktu dengan anak remaja anda setiap hari. Ini tidak harus saat ada peristiwa besar. Hanya berbagi bagian dari hari anda dengan mereka. Markham menyarankan melakukan sesuatu yang disukai oleh anak anda, seperti manikur atau bermain video game.

– Berharap mereka akan menguji Anda. “Mereka tidak akan langsung curhat kepada anda,” kata Markham. “Mereka mungkin mengatakan kepada anda bahwa teman mereka Robbie mendapat masalah karena Ani. Robbie adalah tes. Jika anda kehilangan kendali dan mengatakan ‘Oh tidak, apakah orang tua Robbie tahu tentang ini?” mereka tidak akan pernah lagi mengatakan apa-apa. Tapi jika sebaliknya anda mengatakan, ‘Wow, Robbie pasti sangat marah. Aku ingin tahu bagaimana perasaannya. Aku ingin tahu apakah banyak anak-anak melakukan hal ini,’ anda akan mendorong dia untuk berbicara lebih banyak. ”

– Jangan bereaksi berlebihan. Ketika remaja anda memberitahu anda sesuatu yang mengagetkan anda, coba tenang dan bernapas. Gigit lidah anda jika harus. “Ketika remaja anda mulai mengaku, hal yang paling penting adalah mengatur emosi anda,” kata Markham. Ini tidak berarti bahwa tidak ada konsekuensi. Anda perlu dengan jelas mengatakan bagaimana respon anda jika mereka berbohong lagi dan seberapa banyak anda menghargai kejujuran. Lakukan saja dengan tenang, tanpa kekerasan.

– Membantu remaja anda memecahkan masalah. Alih-alih mengatakan kepadanya apa yang anda pikirkan tentang apa yang dia lakukan, tanyakan apa yang sedang dia pikirkan. “Jika anak remaja anda memberitahu anda bahwa anak-anak lain minum minuman keras, refleks yang anda pasti kepanikan,” kata Markham. Tapi responlah dengan sederhana “Katakan saja tidak!” Pendekatan yang mengakhiri percakapan. “Sebaliknya, anda dapat mengatakan sesuatu seperti, ‘Pasti sangat memalukan bukan jika ada anak yang masih dibawah umur sudah meminum minuman keras ? Apa yang bisa saya lakukan agar anda tidak tercebak dalam situasi seperti itu?”

Baca Juga :

Leave a comment