Kansil: Pemprov Sulut akan Terus Berperan dalam Penanggulangan Kemiskinan

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, menyatakan, Pemprov Sulut akan terus berperan dalam penanggulangan kemiskinan di daerah ini.

Menurut Kansil, untuk program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Pemprov Sulut saat ini, diantaranya mengatasi kematian ibu melahirkan dan bayi, posyandu cerdas, KB gratis, pengobatan gratis dan pemberian kaca mata gratis, pengembangan tehnologi informasi kesehatan, perlakuan khusus bagi perawat dan tenaga kesehatan lainnya di daerah terpencil perbatasan juga peningkatan kesejahteraan dokter dan tenaga kesehatan.

Bukan itu saja, program, lain yang dilakukan yakni pelaksanaan wajar pendidikan 12 Tahun dengan percepatan penuntasan buta aksara melalui bosda, pengembangan dan peningkatan standar infrasturktur sekolah-sekolah serta pengembangan TIK, pemberian bea siswa kepada anak-anak bertalenta dan berprestasi yang rentan putus sekolah dan bagi orang tua yang kurang mampu.

Dikatakan Kansil, inovasi lain yang dilakukan Pemprov Sulut, yakni peningkatan promosi produksi UMKM, optimalisasi fungsi kelembagaan koperasi dan ketahanan pangan (lumbung pangan) termasuk yang ada di kepulauan dan daerah terpencil, bantuan bagi nelayan yang kurang mampu, PNPM mandiri termasuk industry kecil, peningkatan jalan-jalan perkotaan dan pedesaan, pembuatan sanitasi, peningkatan akses jalan ke sentra-sentra produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, lingkungan hidup dan pengelolaan limba, bedah rumah, lansia, peningkatan fasilitas pelayanan air bersih dan air baku.

“Kedepan, akan terus dilakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” pungkasnya. (ton)