5 Tips Untuk Para Single Parents

Reporter : | 10 Jul, 2015 - 6:47 pm WITA

Single Parents, keluarga, tips keluarga

(foto: pixabay)

ManadoToday – Ketika anda membesarkan anak sebagai orangtua tunggal, anda menangani banyak tugas dan keputusan sendirian. Anda perlu cara yang efektif untuk mencari dukungan dan membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi anda dan anak anda.

Mulailah dengan enam tips ini.

1. Mengembangkan Rutinitas
Patenkan waktu makan, waktu tidur, dan waktu bangun di pagi hari. Sebuah rutinitas yang dapat diprediksi dapat menstruktur hari anda dan membantu memberikan anak anda rasa aman.
Anda mungkin kehilangan anak-anak anda selama bekerja dan merasa bersalah karena pekerjaan menghabiskan begitu banyak waktu jauh dari mereka. Tapi jangan membayar waktu anda yang terbuang saat malam hari.

“Mencoba untuk memeras waktu bersama dengan membiarkan mereka tinggal sampai larut malam tidak merupakan pendekatan yang terbaik,” kata Leah Klungness, PhD, seorang psikolog di Long Island, NY dikutip dari webdm.com

“Anak-anak membutuhkan lebih banyak tidur,” katanya. “Juga orang tua perlu.” tambahnya.

2. Membuat Waktu Bermain.
Tidak peduli bagaimana sesibuknya kehidupan anda, curahkan waktu secara teratur untuk bersantai dan bersenang-senang dengan anak-anak anda. Fokuskan perhatian anda pada menikmati pekerjaan dan bersama-sama dengan anak.

“Saya sering merekomendasikan kepada keluarga bahwa mereka harus menjadwalkan waktu bermain – mungkin sekali seminggu – ketika mereka mematikan televisi dan telepon dan menghabiskan setengah jam bermain game, berjalan-jalan, atau berekreasi di halaman rumah,” kata Barry G. Ginsberg, PhD, seorang psikolog anak dan keluarga. “Ini membantu memperkuat hubungan emosional anda.”

3. Carilah dan Terima Dukungan.
Membangun jaringan dengan orang-orang yang anda percaya dapat membantu anda mengurus anak. “Tantangan yang dihadapi orang tua tunggal tidak berbeda dengan semua orang tua. Tapi mungkin akan lebih sulit bagi mereka. Mereka harus lebih kreatif dan aktif untuk mengembangkan komunitas yang dapat benar-benar mendukung mereka, “kata Klungness.

Dukungan anda dapat mencakup misalnya, kerabat, tetangga, dan orang tua lain yang anda temui di pusat penitipan anak atau sekolah.

“Anda perlu seseorang yang dapat dihubungi dan datang saat itu juga, dan dapat membantu anda dalam keadaan darurat,” kata Klungness. “Tapi anda juga perlu seseorang yang anda panggil untuk menghabiskan waktu bersenang-senang.”

4. Berkolaborasi Dengan Anak
“Dalam keluarga orang tua tunggal, akan sangat membantu jika anak-anak dapat berkolaborasi dengan anda untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan,” kata Ginsberg.

Dia menyarankan berbicara dengan mereka tentang melihat keluarga sebagai tim yang harus bekerja bersama-sama. “Misalnya, jika anda tidak pulang dari kerja sampai pukul 5 sore, anda bisa meminta mereka untuk mulai mempersiapkan makan malam,” kata Ginsberg.

5. Istirahatkan Diri.
Isi ulang energi dengan menitipkan anak ke kakek-nenek mereka, atau ke tempat penitipan anak selama beberapa jam. Meskipun tergoda, jangan gunakan waktu itu untuk membersihkan rumah atau melakukan pekerjaan lain.

“Lakukan sesuatu yang menyenangkan dengan teman-teman anda, nikmati waktu kesendirian, atau menonton film sepanjang hari,” kata Anastasi. “Belajarlah untuk menikmati hidup dan menjadi contoh bagi anak-anak anda.”

Baca Juga :

Leave a comment