Bantu Anak Remaja Anda Hadapi Stres

Reporter : | 08 Jul, 2015 - 3:23 pm WITA

parenting, keluarga

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak remaja anda sering murung dan rewel ?? tidak usah khwatir, remaja memiliki banyak perubahan yang perlu waktu untuk agar mereka bisa terima: pekerjaan, drama persahabatan, mungkin hubungan baru atau putus cinta.

Plus, tubuh mereka mengalami perubahan dan mereka harus belajar untuk terpisah dari orang tua mereka. Itu semua normal. Tapi jika anda mencurigai ada sesuatu yang lebih mungkin terjadi, pertimbangkan aspek-aspek kehidupan anak anda.

– Kualitas tidur. Tidur bukan hanya untuk anak kecil. Menurut National Sleep Foundation, remaja perlu delapan sampai sembilan jam tidur malam. Dalam penelitian terbaru pada lebih dari 15.000 remaja, kurang tidur telah dikaitkan dengan depresi. Remaja yang tidur lewat tengah malam 24% lebih mungkin mengalami depresi dan juga lebih cenderung memiliki pikiran untuk bunuh diri.

– Suasana hati dan mungkin depresi. Tahun remaja sering dicap sebagai “tahun-tahun terbaik dalam hidup,” namun sebenarnya tahun remaja adalah tahun dimana mereka menemukan berbagai masalah baru.

Beberapa remaja – sampai dengan 1 dari 8 remaja – mengembangkan depresi. Perhatikan gejala seperti nafsu makan atau perubahan pola tidur, energi yang lebih rendah, dan mudah tersinggung. Namun, banyak juga remaja mengalami perubahan ringan dan tidak tertekan.

– Diet dan kebugaran. Perhatikan apa yang anak anda makan (atau tidak makan). Pertama, seberapa sehat makanannya? Apakah dia melewatkan sarapan? Diet yang sehat dapat membuat perbedaan nyata pada suasana hati dan cara bagaimana dia berpikir.

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan pada anak-anak remaja, mereka yang makan sarapan pagi memiliki suasana hati yang lebih baik dan lebih waspada daripada mereka yang tidak. Kedua, adalah apakah anak remaja anda aktif? Berolahraga dikenal dapat mendorong susana hati dan penghilang stres karena pelepasan zat kimia seperti endorfin.

Baca Juga :

Leave a comment