Warga Minsel di Perantauan Mengaku Bangga Pelabuhan Amurang jadi Jalur Pelayaran PELNI

Reporter : | 08 Jul, 2015 - 12:17 pm WITA

PELNI,  Pelabuhan Amurang , PT Pelayaran Nasional Indonesia , AMURANG, (manadotoday.co.id) – Dijadikannya pelabuhan Amurang, sebagai salah satu rute jalur pelayaran PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), diapresiasi positif oleh sejumlah warga Minahasa Selatan (Minsel) yang berasal dari perantauan.

Kepada manadotoday.co.id, di pelabuhan Amurang, kemarin, warga yang kebanyakan mudik untuk merayakan Pengucapan syukur pada Minggu 12 Juli 2015, mengaku mengaku bangga, dan salut atas upaya dan kerja keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel dibawah kepemimpinan Bupati Tetty Paruntu, sehingga kapal penumpang berkapasitas 2000 penumpang yakni KM Doro Londa , sudah bisa berlabuh dan resmi melaksanakan aktifitas turun naik penumpang di Pelabuhan Amurang.

“Secara pribadi saya merasa bangga Kabupaten Minsel dibawah kepemimpinan Bupati Tetty Paruntu sudah maju pesat saat ini. Apalagi KM Doro Londa, sudah bisa sandar di pelabuhan Amurang berkat kerja keras Ibu Bupati dan jajarannya,” ujar Arie Muaya warga Powalutan Kecamatan Ranoyapo, yang baru kembali dari Papua.

Dampak positifnya, kata Muaya, sebagai seorang yang biasa merantau dirinya tidak perlu lagi ke pelabuhan Bitung jika hendak ke Papua.

“Artinya jika ke Papua saya tinggal datang ke Pelabuhan Amuarang. Dan ini tentu akan mengurangi biaya,” katanya.

Senada Jansye Kirangen, warga Rumoong Bawah, mengaku senang pelabuhan Amurang kini sudah bisa dibuka secara resmi sebagai jalur pelayaran kepal penumpang, sehingga sudah bisa dimanfaatkan warga yang hendak bepergian menggunakan jasa transpotrasi laut ke Indonesia bagian Timur dan Indonesia bagian barat.

“Namun yang perlu dilakukan Pemkab Minsel saat ini, adalah intens melakukan sosialisasi bahwa pelabuhan Amurang, saat ini sudah resmi jadi jalur pelayaran PELNI. Sebab masih banyak warga Minsel di perantauan terlebih di Papua, yang belum mengetahui jika saat ini sudah bisa turun di pelabuhan Amurang seandainya naik KM Doro Londa dari Papua Atau Ternate,” tukasnya sembari berharap Minsel akan terus maju pesat menjadi kabupaten terdepan sebagaimana harapan Bupati Minsel Tetty Paruntu.

Sekedar informasi KM Doro Londa sudah ketiga kali berdsandar di pelabuhan Amurang yakni pada, Selasa 26 Mei 2015 (uji coba), Senin 29 Juni (lounching perdana jalur pelayaran) dan Rabu 7 Juli 2015 melakukan kegiatan tutun anik penumpang. Dan diketahui KM Doro Londa akan melayani rute Merauke-Ternate-Bitung-Amurang-Pantoloan-Toli-toli dan Balikpapan dan akan masuk dua minggu sekali di pelabuhan Amurang. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment