KPU Tomohon Gelar Pembekalan Pemutakhiran Data Pemilih

Reporter : | 07 Jul, 2015 - 10:17 pm WITA

tmp_18970-received_10204653048712367661555650TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon Selasa (7/7/2015) menggelar pembekalan pemutakhiran data bagi Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 9 Desember mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Homestay Kelurahan Walian I tersebut dibuka oleh Komisioner KPU Kota Tomohon Drs Haryanto Lasut yang membidangi Divisi Sumber Daya Manusia (SDM).

”Salah satu tahapan penting dalam Pemilu yaitu pemutakhiran data pemilih. Kita semua menyadari bahwa daftar pemilih merupakan salah salah satu tahapan yang krusial dan sangat strategis bagi terselengaranya pemilihan kepala daerah baik gubernur,wakil gubernur, walikota dan wakil walikota,” kata Lasut.

Penyelenggara Pemilu lanjut Lasut, harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan terkini.

Daftar pemilih yang akurat dan berkualitas akan mendorong kualitas proses dan hasil Pemilu lebih baik. Sebaliknya daftar pemilih yang memiliki banyak permasalahan akan menyebabkan proses dan hasil Pemilu yang dipertanyakan legitimasinya.

Selanjutnya untuk mendukung terciptanya daftar pemilih yang berkualitas, maka KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara(PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di masing-masing kelurahan akan saling bahu membahu untuk melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan dan berlangsung selama kurang lebih sebulan lamanya.

Para PPDP nantinya akan mengunjungi setiap rumah untuk mengecek dan mendata seluruh masyarakat wajib pilih dan menempelkan stiker di masing-masing rumah yang dikunjungi sesuai dengan jumlah keluarga yang didata.

”Diharapkan kepada masyarakat wajib pilih agar memastikan mereka telah terdata dalam pemutakhiran data pemilih ini yang akan berlangsung sejak tanggal 15 Juli ,” katanya.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Tomohon karena dihadiri salah satu anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Pusat Pdt Saud Hamonangan Sirait yang didampingi Ketua KPU Sulut Yessy Momongan mengatakan integritas sebagai penyelenggara pemilu harus benar-benar dilakukan mulai dari KPU, PPK, PPS,KPPS dan Panwas.

Oleh karena itu penyelenggara pemilu wajib melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan jujur beritegritas.

Beliau juga mengingatkan kepada para penyelnggara pemilu untuk memberikan pemahaman yang benar kepada seluruh masyarakat wajib pilih untuk menyalurkan hak suaranya dengan memilih calon kepala daerah yang beritegritas tinggi dan dapat menjadi contoh dan teladan yang baik dalam hidup bermasyarakat dan sehingga dapat membawa kemajuan dalam berbagai bidang. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment