Mengatasi Kegugupan Anak Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Reporter : | 04 Jul, 2015 - 2:23 pm WITA

parenting, keluarga, sekolah, anak

(foto: pixabay)

ManadoToday – Ingat ketika kita memulai pekerjaan baru? anda mungkin sedikit stres dan cemas tentang hal-hal yang akan terjadi. Bagaiman atasan anda nanti? Apakah anda dapat dengan mudah bergaul dengan rekan kerja?

Anak anda memiliki kekhawatiran yang sama tentang tahun ajaran baru – ditambah, dia hanya seorang anak-anak dan belum berpengalaman melalui transisi seperti ini. “Salah satu ketakutan terbesar kita sebagai manusia adalah sesuatu yang tidak kita ketahui, dan memulai tahun ajaran baru melibatkan banyak hal yang tidak diketahui,” kata Laura Markham, PhD seorang psikologi dikutip dari webdm.com.

Markham mengatakan bahwa dengan sedikit memahami, orang tua dapat membantu ketakutan anak-anak untuk memulai kelas baru mereka (dan bahkan yang baru pertama kali bersekolah) dan mengubahnya menjadi kegembiraan.

Bantu anak agar terikat dengan gurunya. “Anak-anak perlu merasa terhubung dengan guru mereka agar fokus di kelas, belajar, dan senang saat pergi ke sekolah,” kata Markham. Jika sekolah anda menawarkan program orientasi atau kegiatan pra sekolah, bawa anak anda dan perkenalkan dia pada guru. Cobalah untuk mendapatkan foto dari guru dan “bicarakan tentang guru tersebut” dari waktu ke waktu.

Istirahat cukup. Semua anak membutuhkan tidur yang cukup. “Jika anak anda kurang tidur, dia lebih cenderung merasa kewalahan, rewel, dan takut,” kata Markham. Selama minggu terakhir atau lebih sebelum sekolah dimulai, atur kembali jam tidurnya.

Rencana bermain. “Setiap tahun ajaran baru, aliansi anak-anak dapat bergeser dan mereka kerap kali menemukan diri mereka tiba-tiba berjuang untuk menemukan teman-teman baru,” kata Markham. “Cobalah untuk mendapatkan daftar siswa yang sekelas dengan anak anda. Kemudian, jika anda menemukan teman terbaiknya dari tahun lalu tidak lagi sekelas dengannya, mulai atur rencana bermain dengan anak lain yang sekelasnya dengan dengan anak anda. “

Baca Juga :

Leave a comment