Cara Menolong Anak yang Stres Karena Terlalu Banyak Beraktivitas

Reporter : | 04 Jul, 2015 - 1:21 pm WITA

keluarga, stres, parenting,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Jika anak anda menunjukkan tanda-tanda stres karena aktivitas yang terlalu padat, bantu mereka untuk menghilangkan stres. Stres karena terlalu banyak aktivitas dapat menyebabkan kebiasaan yang tidak sehat seperti makan junk food, bermain video game berlebihan, dan tidak cukup tidur. Anda dapat membantu mereka mengurangi kegiatan dan menunjukkan kepada mereka bagaimana menghadapi stres dengan cara yang sehat.

“Anak-anak perlu diberi waktu untuk mengerjakan pekerjaan mereka, dan bermain adalah pekerjaan mereka,” kata Laura Markham, PhD, seorang psikolog dikutip dari webdm.com.

Jadi berikan anak anda waktu luang untuk bermain rumah-rumahan, atau jalan-jalan. Ini dapat membantu anak-anak untuk bersantai dan mengisi ulang energi mereka, keduanya merupakan bagian penting untuk tetap sehat.

Jika anak anda tampaknya terlalu sibuk – mereka akan mudah marah, menunjukkan kecemasan atau stres bahasa tubuh, ingin menyendiri, mengeluh karena tidak adanya kontrol diri. Markham menawarkan beberapa cara untuk mencegah hal-hal ini.

– Pilih satu kegiatan untuk satu waktu. Mungkin Julia mendapatakan kelas ballet pada musim gugur dan es skating di musim dingin, sementara Joshua mendapat sepak bola pada musim gugur dan kelas musik di musim dingin. Jelaskan kepada anak anda bahwa kadang-kadang orang merasa tertekan atau marah karena mereka aktivitas yang terlalu padat, mereka bisa saja makan makanan yang tidak sehat atau hanya ingin menonton TV. Itu sebabnya ada baiknya meluangkan waktu untuk bersantai dan hanya bersenang-senang. Dengan cara itu mereka tidak akan stres dan membuat pilihan yang tidak sehat.

– Bantu anak mencari cara untuk menghabiskan waktu santai. “Waktu santai adalah ketika imajinasi anak mengambil alih, dan ketika mereka belajar untuk mengatur waktu dan mengarahkan diri mereka sendiri,” kata Markham. “Anak-anak yang selalu diarahkan setiap saat dalam hidup mereka tidak akan pernah belajar untuk mengarahkan diri mereka sendiri.”

Biarkan anak-anak anda tahu bahwa bangun dan berolahraga akan membantu mereka merasa lebih baik. Anda bisa menyarankan berjalan-jalan atau pergi bermain di halaman rumah.

Atau mereka bisa mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu mereka bersantai. Ajarkan mereka bahwa ini adalah cara-cara yang bagus untuk bersantai dan merasa baik, sehingga mereka akan terdorong untuk membuat pilihan yang sehat.

– Bicaralah pada anak anda apa yang ingin dia lakukan. Setiap anak berbeda. Beberapa anak dapat menangani banyak hal yang berbeda. Lainnya hanya dapat melakukan satu saja. Jangan berasumsi anda tahu bagaimana perasaan anak anda. Amati apa yang dia lakukan dan mulai percakapan.
“Jika anak anda mulai down, jangan bersikeras memaksanya untuk melakukan seluruh aktivitas,” kata Markham.

Tanyakan padanya kegiatan yang dia paling suka, dan sarankan untuk fokus pada satu saja.

Jelaskan padanya juga, bahwa kadang-kadang orang makan ketika mereka bosan; mungkin dia hanya tidak terlalu senang dengan kegiatan yang dia lakukan. Jika itu yang terjadi, temukan sesuatu untuk kalian berdua lakukan. Pilih untuk sekedar senam di ruang tamu atau lompat tali di halaman; ini adalah cara yang bagus untuk bergerak, bersenang-senang, dan merasa lebih baik.

“Ingat, bermain adalah sarana untuk melepaskan stres bagi kebanyakan anak-anak,” kata George Scarlett, PhD, dari Universitas Tufts.

Baca Juga :

Leave a comment