Cara Menangani Stres Untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Reporter : | 03 Jul, 2015 - 4:31 pm WITA

 Stres , tips  Stres , tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Stres terjadi pada kita semua. Yang lebih penting dari stres itu sendiri adalah bagaimana anda menanggapi itu.

Ketika anda sering stres, atau anda tidak memiliki sumber daya untuk menanganinya, itu buruk bagi anda, terutama jika itu mengarah pada merokok, peminum berat, makan berlebihan, atau insomnia.

“Banyak hal yang terkait dengan stres datang ke gaya hidup dan pilihan yang dilakukan seseorang,” kata peneliti stres Bruce S. McEwen, PhD, dari Universitas Rockefeller di New York dikutip dari webdm.com.

Mulailah menjinakkan stres anda dengan menggunakan strategi berikut.

7 Cara Menangani Stres

1. Mulai membuat pilihan. Berkomitmen untuk hal-hal yang penting bagi Anda. Katakan tidak untuk hal-hal lain. Ini mungkin tidak nyaman pada awalnya, tetapi anda perlu untuk melindungi waktu dan energi anda.

2. Kurangi daftar yang dilakukan. Fokus pada hal-hal yang anda dapat kontrol dan yang harus dilakukan hari ini.

3. Istirahat untuk bernapas. Duduk di posisi yang nyaman, singkirkan segala sesuatu, dan diam selama beberapa menit. Semua yang anda pikirkan akan datang, tapi biarkan mereka datang dan pergi.

4. Memelihara hubungan dekat. Seringkali, kita tidak menghargai betapa pentingnya teman dan keluarga dapat memberikan kesehatan yang baik, kata Katherine C. Nordal, PhD, direktur eksekutif dari Asosiasi Psikologi Amerika.

5. Tidur yang cukup. Dapatkan 7 sampai 8 jam tidur malam. Ketika anda beristirahat, anda dapat menangani stres lebih baik.

6. Makan dengan baik. Pilih makanan yang baik untuk anda. Makanan tinggi lemak tidak akan memperbaiki masalah.

7. Cari masukan. Mengambil kelas manajemen stres, atau berbicara dengan seorang konselor. Jangan mencoba untuk menangani semua stres anda sendiri.

3 Jenis Stres

Tidak semua stres itu buruk bagi kita, McEwen mengatakan. Dia menjelaskan tiga jenis stres:

– Stres Baik “adalah ketika anda disajikan dengan sebuah tantangan, anda menghadapai tantangan itu, umumnya memiliki hasil yang baik, dan anda merasa gembira,” kata McEwen. Stres yang baik dapat membantu kita belajar dan tumbuh.

– Stres ditoleransi menyerang ketika sesuatu yang buruk terjadi, seperti kehilangan pekerjaan, tetapi anda memiliki sumber daya batin serta orang yang dapat membantu anda.

– Stres beracun adalah ketika hal buruk terjadi, “dan ini mungkin benar-benar buruk, atau anda tidak memiliki sumber daya keuangan atau internal untuk menangani stres,” kata McEwen.

Bagaimana tubuh anda menanggapi stres

– Ketika sesuatu yang sangat menegangkan terjadi, otak anda menggunakan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin untuk menempatkan tubuh anda dalam siaga tinggi.

– Anda bernapas lebih keras. Jantung anda berdetak lebih cepat. Pembuluh darah anda menyempit, mengarahkan darah ke otot-otot anda. Kadar gula darah naik.

– Anda bersiap-siap untuk melawan atau melarikan diri, bahkan jika anda tidak benar-benar harus lari atau membela diri.

– “Bahaya psikologis seperti terancaman ditinggalkan atau kehilangan harga diri menghasilkan respon fisiologis yang sama dan nyata dengan hadirnya bahaya fisik,” kata Nordal.

Baca Juga :

Leave a comment