Cara Mengatasi Perbedaan Dalam Mengasuh Anak

Reporter : | 03 Jul, 2015 - 3:37 pm WITA

Mengasuh Anak, tips Mengasuh Anak, parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anda memberi anak-anak anda apa yang mereka inginkan untuk makan malam, tapi pasangan anda memberitahu mereka bahwa mereka harus makan apa orang dewasa yang makan. Anda tidak ingin anak-anak anda bermain dengan senjata mainan, tapi pasangan anda membelikan mainan senjata laser mainan untuk anak. Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang pesan campuran yang anda kirimkan ke anak-anak anda?

Tenang. Gaya yang berbeda dalam mengasuh anak bisa menjadi hal yang baik. Selama kedua orang tua secara teratur membahas posisi anda, keputusan, dan kekhawatiran.

“Saya pikir masalah datang ketika orang tua tidak mampu berkompromi,” kata terapis keluarga Lisa Dunning, penulis buku Good Parents Bad Parenting dikutip dari webdm.com. “Mereka begitu kaku: ‘cara saya benar. Cara anda salah. ”

Berikut adalah beberapa saran untuk orangtua yang mempunyai gaya berbeda dalam mengasuh anak.

1. Membuat Beberapa Keputusan di Depan Anak-anak
Ini ‘baik-baik saja’ untuk anda dan pasangan anda tidak setuju ‘dengan hormat’ tentang hal-hal kecil ketika ada anak-anak disekitar. Ini membantu mereka untuk mendengarkan anda dan pasangan anda untuk menemukan solusi bersama-sama, menggunakan suara yang tenang dan fakta, bukan emosi.

“Satu hal yang kita butuhkan adalah untuk mengajar anak-anak bagaimana memecahkan masalah ketika kita ada perbedaan,” kata Dunning. “Banyak anak-anak tidak tahu bagaimana untuk berkompromi karena mereka tidak melihat orang tua mereka melakukannya.”

2. Setuju untuk Tidak Setuju Pada Masalah Kecil
Anda tidak dapat mengendalikan setiap situasi, jadi belajar untuk menerima kenyataan bahwa hal akan berbeda ketika pasangan anda mengambil alih.

“Ibu mungkin mengatakan, ‘Jangan bermain skateboard karena berbahaya,'” kata Kyle Pruett, MD seorang penulis buku Partnership Parenting. “Namun ayah sering membiarkan sedikit lebih berani untuk mengambil risiko. Penting bagi orang tua untuk setuju tentang masalah keselamatan, seperti menggunakan sabuk pengaman dan berpegangan tangan saat melintasi jalan raya. ”

3. Saling Mendukung di Depan Anak-anak
Tahu masalah mana yang tidak dikompromikan, seperti keamanan dan jam malam, dan setuju untuk fleksibel tentang yang lain.

Jika pasangan anda telah membuat keputusan besar dan anda tidak setuju, biarkan dia tahu secara pribadi. “Ini sangat penting bahwa orang tua tidak mengkritik atau menyalahkan satu sama lain,” ujar psikoterapis keluarga Fran Walfish, penulis buku The Self-Aware Parent. “Anak-anak perlu tahu orang tua mereka saling mendukung, saling mencintai, dan sebuah tim yang kokoh.”

“Jika pasangan anda menyuruh anak untuk tidur lebih awal, dan anda berpikir lain ‘Ayo keluar dan menonton TV sedikit lebih lama,’ ini merusak otoritas pasangan anda untuk anak-anak, “kata Dunning. “Ini akan menyebabkan masalah dalam mengasuh dan akhirnya hubungan dari pasangan.”

4. Jadilah Positif Ketika Anak Bertanya Tentang Perbedaan
Jika anak-anak anda bertanya-tanya dengan suara keras tentang gaya pengasuhan yang berbeda, biarkan mereka tahu itu bahwa ‘bahwa baik-baik saja’ anda tidak setuju pada segala sesuatu, dan hal itu dapat membantu orang tua untuk lebih efektif.

Baca Juga :

Leave a comment