Jika Bayi Kesulitan Menyusui Dari Botol

Reporter : | 02 Jul, 2015 - 4:38 pm WITA

bayi, tips sehat, parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Banyak bayi yang langsung tau untuk menyesui dari botol namun tidak sedikit juga bayi yang kesulitan untuk berpindah dari ibu ke botol. Cobalah tips-tips dibawah ini jika bayi anda kesulitan belajar menyusui dari botol.

1. Buat suasana santai

Jika anda tenang dan santai, bayi anda mungkin lebih mudah menerima botol. “Bayi adalah makhluk yang sensitif dan menangkap stres ibu dan ayah mereka,” kata Megan L. Shope, seorang doula bersertifikat dikutip dari webdm.com.

Ciptakan ruang yang santai dan nyaman bagi bayi dan anda. Redupkan lampu. Duduk di kursi yang nyaman. “Kita menikmati makanan jika suasananya mendukung, begitu juga dengan bayi,” kata Shope.

2. Coba ketika bayi ‘sedikit’ Lapar

“Idealnya, bayi perlu terjaga dan cukup lapar untuk tertarik, tapi tidak saat bayi sangat lapar, ini dapat membuat mereka menjadi frustrasi dan marah,” kata Melanie Potock, MA, spesialis makan anak di Denver, CO.

Carilah tanda-tanda mereka sedang lapar. Mencoba ketika bayi lapar tetapi tidak saat kelaparan. Seorang bayi yang merasa panik dan emosi membuat usah menjadi lebih sulit.

3. Posisi bayi harus benar

“Posisi yang tepat untuk makan dari botol sangat penting,” kata Potock. Cara terbaik adalah dengan menggendong bayi anda sedikit tegak dan meringkuk ke lengan anda. Pastikan posisi kepala bayi, leher, dan tubuh berada dalam satu garis lurus.

Taruh tangan bayi ke arah perutnya, dan selipkan siku ke sisi tubuhnya. Anda juga dapat memberikan bayi anda sandaran kaki, seperti bantal atau bahkan lekukan siku anda.

4. Bantu bayi untuk belajar

Cobalah teknik yang menggunakan sifat refleks alami bayi untuk menghisap. Potock menyarankan mengambil langkah-langkah berikut:

– Sentuh bibir bayi dengan sentuhan lembut namun tegas dengan puting botol.

– Putar puting ke dalam mulutnya.

– Dengan lembut tekan puting ke pusat lidahnya.

Jika tidak langsung bekerja, bersabar. “Ini adalah keterampilan baru dan akan memakan waktu.”

5. Coba botol lain

Bayi bisa tidak nyaman dengan puting botol dan ukurannya. Anda mungkin harus mencoba berbagai botol sebelum menemukan mana yang benar-benar bayi anda inginkan.

“Untungnya, ada banyak botol yang berbeda di pasaran, sehingga orang tua memiliki banyak pilihan,” kata Dyan Hes, MD, dari Gramercy Pediatrics di New York.

Coba juga variasi aliran yang berbeda. Jika susu terlalu cepat keluar bayi mungkin akan kewalahan. Jika susu keluar terlalu lambat, bayi anda mungkin akan merasa frustrasi.

6. Jangan memaksa

Jika bayi marah atau berhenti minum dari botol setelah sekitar 10 menit, lebih baik istirahat terlebih dahulu jangan memaksanya.

7. Berikan peran pada ayahnya

“Banyak kali bayi yang kesulitan makan dari botol, terutama bayi yang diberi ASI, tidak akan mengambilnya dari ibu,” kata Shope. Bayi mungkin menolak saat dia mendengar suara atau ada bau sang ibu di dekatnya.

Biarkan ayah mencoba untuk memberikan botol pada bayi, sebaiknya di ruangan yang berbeda. “Seringkali jika ayah, atau siapa pun kecuali ibu menawarkan botol pada bayi, mereka akan mengambilnya,” kata Hes.

8. Cari bantuan

Terus mencoba, dan jangan menyerah terlalu cepat. Mungkin butuh beberapa hari sebelum berhasil. Tapi jika bayi anda sulit makan dari botol, kehilangan berat badan, atau tidak bertambah besar, berbicara dengan dokter anak anda.

Baca Juga :

Leave a comment