Beri Piring Kecil Pada Anak Untuk Mencegah Obesitas

Reporter : | 02 Jul, 2015 - 1:31 pm WITA

 Obesitas, anak, parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Menggunakan piring berukuran kecil dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengurangi obesitas, sebuah studi menunjukkan.

Dalam percobaan pertama mereka, peneliti memberi 8 atau 16 ons mangkuk untuk 69 anak-anak prasekolah. Orang dewasa kemudian memberikan anak-anak sereal dan susu secara bertahap sampai anak-anak mengatakan sudah cukup. Anak-anak dengan mangkuk yang lebih besar meminta 87 persen lebih sereal dan susu.

Jenis kelamin tidak mempengaruhi seberapa banyak anak meminta makanan.

Percobaan kedua dilakukan kepada 18 siswa SD yang diberi piring kecil atau piring yang lebih besar. Mereka dengan mangkuk yang lebih besar meminta 69 persen lebih banyak sereal dan susu, dan makan 52 persen lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mimiliki piring kecil.

“Piring yang lebih besar menyebabkan anak-anak meminta hampir dua kali lebih banyak makanan, yang menyebabkan peningkatan asupan serta sisa makanan yang lebih tinggi,” kata penulis studi Brian Ven Ittersum, seorang profesor perilaku ekonomi di Universitas Cornell dikutip dari webdm.com.

“Berdasarkan temuan ini, menggunakan piring yang lebih kecil untuk anak-anak dapat menjadi solusi sederhana bagi orang tua yang peduli dengan asupan kalori anak-anak mereka,” katanya.

Baca Juga :

Leave a comment