Lelang Barang Milik Uskup Manado Josef Suwatan Terkumpul Rp.526.500.000

Akan Digunakan Untuk Pembangunan Gedung Pengembangan Kaum Muda Katolik Keuskupan Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Uskup Manado Mgr. Josef Suwatan MSC, merayakan 25 Tahun Tahbisan sebagai Uskup Manado, dalam Misa Syukur yang dipimpin Uskup Suwatan bersama 4 Uskup masing-masing Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr, Uskup Agung Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, Uskup Padang Mgr Martinus Situmorang OFM dan Uskup Bandung. Mgr Antonius Subianto OSC.

Perayaan tersebut, turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Ketua TP PKK Sulut Ny Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung bersama istri, Wakil Ketua TP PKK Sulut Ny Mieke Kansil-Tatengkeng, anggota DPD RI Maya Rumantir, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Wakil Ketua DPRD Sulut Welly Lumentut, para pastor, suster, frater dan bruder, serta seluruh tokoh umat Katolik.

Menariknya, dalam perayaan tersebut, dilaksanakan lelang barang-barang rohani dan barang pribadi milik Uskup Suwatan, diantaranya beberapa jam tangan dan rosario, salib emas, mutiara, kain tenun selempang, dengan dana terumpul Rp.526.500.000.

“Lelang ini untuk pembangunan gedung ampitiater sebagai pusat pengembangan kaum muda Katolik Keuskupan Manado bernama Emmanuel Chatolic Youth Center di Desa Lotta Kecamatan Pineleng Minahasa, dan juga menjadi salah satu destinasi wisata Sulut yang akan digunakan untuk kegiatan Indonesia Youth Day tahun 2016 dan seterusnya,” ucap Uskup Suwatan.

Sementara Gubernur Sarundajang dalam sambutannya, mengapresiasi peran Uskup Suwatan bersama tokoh agama se-Sulut sehingga Sulut dikenal dunia sebagai propinsi teraman.

“Saya berterima kasih kepada bapak Uskup Suwatan yang peduli dengan keamanan dan kerukunan di Sulut, yang bersama-sama dengan Tokoh Agama lain di Sulut ikut andil menciptakan keamanan dan kerukunan di daerah ini sehingga Sulut menjadi daerah atau propinsi teraman dan rukun meski hidup dalam pelbagai etnis dan agama,” ujar SHS.

Lanjutnya, Uskup Suwatan juga telah mendorong umat Katolik di Sulut untuk mendukung pelbagai program pemerintah.

“Saya berterima kasih kepada bapak Uskup Suwatan yang telah mendorong umat Katolik untuk ikut menyukseskan program-program pemerintah selama ini,” tandas SHS.

Diketahui, dalam lelang ini SHS berhasil membeli satu rosario dan satu jam tangan kesayangan Uskup Suwatan, dengan total dana Rp.55.000.000 yang diserahkan langsung Uskup Suwatan.

“Saya salut dan sangat mendukung rencana pembangunan ampitiater kaum muda ini. Ini untuk menciptakan generasi muda yang diharapkan akan menjadi pemimpin ke depan, dan menjadi destinasi wisata Sulut. Saya harap, panitia pembangunan untuk dapat memasukan satu proposal pembangunan gedung ini ke Pemprov Sulut,” kata SHS. (ton)