Cara Mengajarkan Anak Makan Makanan Sehat

Reporter : | 30 Jun, 2015 - 3:53 pm WITA

Makanan Sehat, tips sehat,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anda dapat memberitahu anak-anak bahwa mereka harus makan dengan baik dan membuat pilihan yang sehat. Atau anda dapat menunjukkan kepada mereka bahwa makan makanan sehat sangat menyenangkan – dan dengan hal itu mereka akan lebih mungkin untuk melakukannya. Berikut dibawah ini cara mengajarkan anak bahwa makan-makanan sehat itu menyenangkan:

1. Berikan faktor menyenangkan
Biarkan anak-anak bermain dengan makanan mereka. Bayi bukan satu-satunya orang yang suka bermain dengan makanan. Anak usia sekolah juga melakukannya.

“Makan buah dan sayuran dengan cara mencelupnya ke selai kacang atau coklat, mendorong anak untuk lebih semangat makan,” kata Jennifer McDaniel, RDN, LD seorang ahli diet, olahraga, gizi dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet dikutip dari webdm.com.

Anak-anak suka makanan yang disajikan sedemikian rupa. Alih-alih memberikan sepotong buah segar, masukan buah ke dalam es krim.

2. Buat itu terlihat mudah
Beri mereka banyak pilihan makanan ringan sehat. Potong buah-buahan dan sayuran, dan letakan lemari es ditempat yang mudah mereka lihat. Miliki makanan ringan seperti keju atau biskuit gandum dan taruh di tempat yang mudah mereka temukan atau jangkau.

3. Terapkan pada seluruh anggota keluarga
Anak-anak anda lebih mungkin untuk melakukan apa hal yang anda juga lakukan – apakah itu baik atau buruk. Jadi, beri mereka contoh yang baik, anda juga harus makan makanan sehat jika anda menginginkan mereka makan makanan serupa.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan aturan yang sama untuk semua orang. “Jika anda lebih fokus pada satu anak yang memiliki kelebihan berat badan, itu menyampaikan pesan bahwa dia telah melakukan sesuatu yang salah,” kata Shannon E. Hourigan, PhD seorang psikolog di Rumah Sakit Anak Boston. Kemudian, kelebihan berat badan yang mereka miliki terasa seperti kegagalan pribadi. “Tapi anak-anak tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka makan, orang tualah yang harus disalahkan.”

Ajak juga mereka untuk memasak bersama-sama, libatkan mereka dalam memilih menu dan berbelanja makanan, ini akan membuat mereka bersemangat untuk mencicipi makanan sehat yang mereka buat sendiri.

Baca Juga :

Leave a comment