Anak yang Rajin Membaca Memiliki Masa Depan yang Cerah

Reporter : | 29 Jun, 2015 - 3:03 pm WITA

anak, tips keluarga, membaca

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak-anak dengan kemampuan membaca yang kuat mungkin berada di jalur cepat untuk masa depan yang lebih cerah, sebuah studi menunjukkan.

Anak-anak dengan kemampuan membaca di atas rata-rata mungkin memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi ketika mereka dewasa, menurut para peneliti Inggris.

Penelitian ini melibatkan 1.890 kembar identik di Inggris yang diajarkan membaca dan tes kecerdasan ketika mereka usia berusi 7, 9, 10, 12 dan 16 tahun. Karena setiap pasangan kembar memiliki gen dan lingkungan rumah yang sama, perbedaan di antara mereka harus karena faktor yang tidak mereka bagi, seperti kualitas guru atau teman-teman yang mendorong mereka membaca, para peneliti mengatakan.

Perbedaan kemampuan membaca antara anak kembar yang diteliti terkait dengan perbedaan intelijen, termasuk bidang-bidang seperti kosakata dan penalaran. Kemampuan membaca yang terkait kemudian meningkatkan kecerdasan yang jelas terlihat pada usia 7 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca, bahkan pada saat awal dapat mempengaruhi perkembangan intelektual anak, kata para penulis studi.

Temuan studi ini dipublikasikan di jurnal Child Development.

“Sesuai dengan hasil penelitian, membaca secara kausal mempengaruhi kecerdasan, implikasi bagi pendidikan adalah jelas,” kata pemimpin studi Stuart Ritchie, seorang peneliti di bidang psikologi di Universitas Edinburgh dikutip dari webdm. “Anak-anak yang tidak menerima bantuan cukup dalam belajar membaca juga dapat kehilangan hal penting, meningkatkan sifat buta huruf.”

Temuan ini juga dapat membantu menjelaskan mengapa anak-anak dalam keluarga yang sama dapat memiliki berbagai tingkat kecerdasan yang berbeda, meskipun mereka berbagi gen, kondisi hidup, dan orang tua, kata para peneliti.

Baca Juga :

Leave a comment