Buka Rakor Kehumasan, Mokodongan Ingatkan PNS Mampu Tingkatkan Koordinasi Penyebarluasan Informasi

Reporter : | 26 Jun, 2015 - 10:16 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, mengingatkan supaya PNS mampu meningkatkan koordinasi antar instansi dalam penyebarluasan informasi khususnya kegiatan pemerintah. Hal tersebut dikatakan Mokodongan, ketika membuka rapat koordinasi Kehumasan yang di gelar Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, di ruang mapaluse kantor gubernur Sulut, Jumat (26/6/2015).

Menurut dia dihadapan peserta rakor yakni perwakilan dari SKPD di Pemprov Sulut, sebagai humas pemerintah juga sebagai aparatur sipil negara, harus mampu melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi.

“Lancarkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi,” ujar Mokodongan.

Dijelaskan dia, semua program SKPD harus diketahui masyarakat. Dimana harus gunakan media sebagai sarana menginformasikan kepada masyarakat.

“SKPD harus menempatkan pegawai yang menjadi komunikator publik, mampu bangun soliditas dan solidaritas bersama,” terangnya.

Disisi lain, Mokodongan memberi apresiasi terkait kegiatan rakor ini, karena bertujuan menyamakan visi para birokrat dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) serentak pada tanggal 9 desember 2015 mendatang.

“Tap, para aparatur sipil negara diharapkan mampu berperan netral dalam menghadapi pemilukada. Humas menjadi komunikator dan fasilitator dalam menyampaikan program pemerintah, bukan menyampaikan program para calon kepala daerah,” pungkasnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sulut DR. Jemmy Kumendong Msi dalam laporannya, mengatakan rakor ini diselenggarakan untuk mensinergiskan bersama peran dan fungsi humas dalam membangun hubungan baik dengan pihak luar maupun sesama instansi.

Ditambahkan Kumendong, rakor ini diikuti oleh para pegawai yang menangani kehumasan di SKPD lingkup Pemprov sulut, dan para peserta mendapatkan materi dari para jurnalis terkait hubungan media dan humas. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment