Pemprov Sulut Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

Reporter : | 26 Jun, 2015 - 9:15 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil Mpd, menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, lewat upacara yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Jumat (26/6/2015).

Dalam sambutannya, Kansil mengingatkan kepada seluruh warga Sulut agar memanfaatkan dan menjaga sumber daya alam sebaik mungkin. Peringatan hari Lingkungan Hidup se-Dunia ini, menegaskan komitmen dan aksi pengelolaan serta perlindungan lingkungan hidup yang disepakati bersama se dunia.

“Semua pihak harus aktif bersama sebagai bangsa dalam menjaga sumber kekayaan alam, yang merupakan sumber penting ketahanan nasional sesuai tema hari lingkungan hidup ini,” ujar Kansil.

Dijelaskan dia, penduduk bumi saat ini mencapai 7,2 miliar jiwa. Ini membutuhkan sumber daya alam besar untuk kesejahteraan manusia. Kebutuhan penduduk telah melebihi sumber daya, aksi global perlu melakukan pola konsumsi hemat dan berkualitas demi melindungi lingkungan hidup.

“Saya mengajak masyarakat memanfaatkan dengan baik sumber daya hutan demi ekosistem yang baik. Semua stakeholders harus bersinergi sebagai langkah kongrit melaksanakan kebijakan ramah lingkungan di semua aspek kehidupan manusia. Ciptakan rasa ramah lingkungan antar sesama. Walaupun disadari masih banyak masalah kompleks terkait lingkungan hidup dan sumber daya alam, melalui perayaan hari lingkungan hidup ini semua harus sadar bersama untuk mengingat keamanan sumber daya alam adalah bagian membangun kekuatan dan ketahanan nasional bangsa demi kesejahteraan masyarakat dimasa akan datang,” terang Kansil.

Disisi lain, dalam kegiatan mengangkat tema ‘mimpi dan aksi bersama untuk keberlanjutan kehidupan di bumi’, menurut Kansil harus meningkatkan edukasi efisiensi pemanfaatan sumber daya, hemat dan memanfaatkan secara baik sumber daya alam, manfaatkan sumber daya lahan dan hutan demi keseimbangan ekosistem. Bersatu demi pembangunan melalui aksi nyata yang berpihak pada masyarakat, lakukan bersama demi generasi yang sejahtera.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Edwin Silangen dalam laporannya, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini menegaskan komitmen dan aksi bersama dalam pengelolaan dan peindungan lingkungan hidup di dunia khususnya di Sulut.

“Ini juga sebagai bentuk aksi pemprov sulut dalam melaksanakan program cinta akan lingkungan hidup,” tandasnya.

Ditambahkan Silangen, momentum ini sebagai forum silahrurahmi antar sesama stakeholder dalam memahami perlunya rasa sadar bersama akan pentingnya kebersihan lingkungan hidup. Memperingati hari lingkungan hidup ini juga diadakan juga beberapa kegiatan lomba dan pemberian penghargaan kalpataru serta adiwiyata terhadap pihak yang telah menjaga lingkungan hidup bersama. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment