Tindak Lanjuti UU 23/2014, Walikota Bitung Terbitkan SE Nomor100/650/SEK

Reporter : | 25 Jun, 2015 - 3:52 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta hasil pertemuan silahturahmi Mapalus Kamtibmas se-Provinsi Sulawesi Utara 6 Mei 2015, Walikota Bitung Hanny Sondakh mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 100/650/SEK.

Dalam surat tersebut disampaikan tentang pentingnya pelaksanaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan tertib administrasi kependudukan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh perangkat kecamatan se-Kota Bitung.

Menurut Sondakh, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, setiap lingkungan harus memiliki pos keamanan lingkungan aktif yang disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat serta melibatkan peran serta masyarakat dalam menjaga dan memelihara pada waktu tertentu secara bergantian.

Setiap Kepala Lingkungan dan ketua RT harus memiliki data administrasi kependudukan berupa data Induk Penduduk dalm wilayahnya masing-masing serta melakukan pemasangan papan himbauan tentang Tamu Wajib Lapor 1×24 jam di setiap tempat tertentu juga papan nama kantor kepala lingkungan dan ketua RT.

“Camat wajib melakukan pengendalian monitoring dan evaluasi serta melaporkan hasil pelaksanaannya secara berkala dan berjenjang kepada pimpinan,” tutup Sondakh. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment