3 Kesalahan yang Dilakukan Orang Tua yang Bercerai Pada Anak

Reporter : | 23 Jun, 2015 - 1:34 pm WITA

perceraian, parenting, anak,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Percerain adalah hal yang sulit untuk dilakukan, dan itu mungkin sangat berat bagi anak-anak. Anak-anak adalah pihak yang paling terpukul jika orang tuanya bercerai. Beberapa diminta untuk menengahi masalah, lainnya harus berurusan dengan orang tua yang tiba-tiba tidak bisa mengatasi tugas sehari-hari, seperti membuat makan malam atau membantu pekerjaan rumah.

Banyak anak yang membawa bekas luka akibat perceraian sampai mereka. Tapi pasangan yang  bercerai dapat membantu menghentikan kerusakan dengan mengelola perilaku mereka sendiri. Ahli Keluarga dan perceraian M. Gary Neuman, LMHC, memberikan petunjuk tentang cara bercerai tanpa menghancurkan emosional jangka panjang anak-anak mereka dikutp dari webdm.com.

1. Jangan menggunakan anak sebagai pembawa pesan
“Terlalu banyak orang tua mencoba untuk berkomunikasi melalui anak-anak mereka,” kata Neuman, “yang menyebabkan stres emosional yang tidak semestinya pada mereka dan memaksa mereka untuk menegosiasikan situasi yang tidak bisa ditangani orang tua mereka. Via pesan adalah alat yang sangat baik saat ini untuk berkomunikasi dengan pasangan anda . Pesan juga dapat disimpan dan diberikan ke pengadilan, sehingga orang tua cenderung lebih berhati-hati saat menggunakannya.

“Jika Anda ingin atau perlu berbicara dengan mantan anda melalui telepon atau secara langsung, fokus dan tetap pada tugas, dan yang paling penting, tidak menelan umpan agar tidak dikuasai emosi. Katakan saja,” Saya menghargai perasaan anda, tapi saya di sini untuk membicarakan sekolah anak kita. ”

2. Cobalah untuk “mendapatkan” anak anda.
“Anak-anak perlu merasa mereka seolah-olah dimengerti,” kata Neuman, dan setelah perceraian perasaan mereka mungkin akan kacau. “Dengarkan mereka, jangan memberitahu mereka apa yang harus dipikirkan. Dan mungkin ini akan sulit, tetapi janga pernah mengkritik mantan anda, Itu sama saja mengkritik anak anda. Tanggapi secara khusus apa yang mereka katakan pada anda.
Latih perasaan anak, bukan milik anda. Penyembuhan datang melalui koneksi penuh kasih dan dari perasaan yang dipahami. ”

3. Perbaiki kerusakan yang telah anda lakukan.
Banyak orang tua bercerai yang membaca tips ini dapat mengenali kesalahan secara tidak sengaha yang mereka berikan kepada anak-anak mereka. Apakah terlambat untuk memperbaiki semua ini? “Tidak, anak-anak sangat pemaaf,” Neuman mengatakan, “setidaknya sampai mereka mencapai usia remaja, ketika kemarahan mungkin lebih mengeras, penting untuk melakukan hal berikut.:

– Minta maaf pada mereka. Katakan bahwa anda menyesal telah meninggalkan mereka.

– Menjelaskan secara rinci apa yang telah anda lakukan adalah salah, dan kemudian berkomitmen untuk mengubah perilaku anda.

– Berikan anak anda sinyal yang aman dan spesifik – misalnya, memberitahu anak anda untuk menegur anda kita anda mulai mengkritik mantan anda.

Baca Juga :

Leave a comment