8 Tips Dapatkan Tidur Nyenyak Untuk Anda dan Keluarga

Reporter : | 22 Jun, 2015 - 5:05 pm WITA

Tidur Nyenyak, tidur nyenyak, tips tidur

(foto: pixabay)

ManadoToday  РBanyak orang meremehkan waktu untuk tidur, hanya kerena anda memiliki jadwal kerja yang padat, itu tidak berarti anda harus meremehkan waktu tidur anda Рatau kesehatan anda, dalam hal ini.

“Orang-orang tidak menghormati waktu tidur mereka,” kata Robert C. Basner, MD, director of Columbia University’s Cardiopulmonary Sleep and Ventilatory Disorders Center and professor of clinical medicine at Columbia University Medical Center. “Mereka cenderung menganggapnya sebagai gangguan dan tidak berharap itu sebagai sesuatu pemulihan yang akan membantu mereka pada hari berikutnya dan hari setelah itu.” katanya dikutip dari webmd.com.

Jadi mulailah membuat tidur menjadi prioritas dalam hidup anda. Kemudian, ikuti tips sederhana dibawah ini untuk membantu anda mendapatkan tidur lebih baik dan bangun dengan perasaan segar setiap pagi.

1. Atur kamar tidur anda
Atur kamar tidur anda senyaman mungkin, gelap dan tidak ribut. Jika anda tinggal di kota, pertimbangkan untuk menggunakan mesin anti kebisingan untuk menangkal suara keras. Perlu diingat bahwa suhu tubuh anda turun saat malam hari, sehingga kita harus menjaga lingkungan kamar anda sejuk.

2. Tidur yang cukup.
Kebanyakan orang membutuhkan tujuh atau delapan jam tidur untuk berfungsi secara optimal, kata Nancy Collop, MD, director of the Emory Sleep Center in Atlanta and president of the American Academy of Sleep Medicine. “Anda tidak ingin menjadi lelah atau mengantuk saat siang hari,” katanya. Jika anda membutuhkan jam alarm untuk bangun, harus minum kopi untuk tetap terjaga, atau anda tertidur selama pertemuan, anda mungkin tidak mendapat tidur yang cukup.

3. Membentuk rutinitas.
Cobalah untuk pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Orang yang sering mengubah waktu tidur mereka sering mengalami sesuatu yang mirip dengan jet lag. Basner menunjuk ke “Insomnia Malam Minggu,” di mana kita tidur larut malam pada hari Jumat dan Sabtu dan kemudian sulit tidur pada hari Minggu.

4. Singkirkan Gadget Anda.
Sangat menggoda untuk menonton TV atau surfing internet dari tempat tidur, tapi kegiatan ini membuat kita kesulitan untuk tidur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa cahaya buatan yang berasal dari layar laptop, TV, dll menekan hormon melatonin yang menginduksi tidur. Jadi beri jam malam untuk teknologi dan matikan layar setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Jika Terbangun Jangan Hanya Berguling-guling di Tempat Tidur.
Jika anda sulit tidur atau terbangun di tengah malam, jangan hanya berbaring di tempat tidur menatap loteng. Keluar dari kamar tidur, lakukan sesuatu yang santai, dan kembali ke tempat tidur saat anda merasa mengantuk.

6. Hindari Alkohol Sebelum Tidur.
Bertentangan dengan rumor yang beredar, minum alkohol sebelum tidur bukanlah ide yang baik karena mengganggu tidur dan membuat kita terbangun saat tengah malam. “Pengguna alkohol kronis juga kehilangan gelombang lambat tidur,” kata Basner. “Ini hilang dengan cepat, dan kemudian anda akan mendapatkan mimpi buruk dan fragmentasi tidur.”

7. Tahu Berapa Banyak Waktu Tidur yang Anak-anak Butuhkan.
Menurut survei National Sleep Foundation (NSF), hanya 20% remaja mendapatkan waktu tidur yang direkomendasikan yaitu sembilan jam setiap malam. NSF merekomendasikan anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, 11 sampai 13 jam; usia 5 sampai 10 tahun, 10 sampai 11 jam; usia 10 hingga 17 tahun harus 8,5. 9,5 jam; usia 18 keatas, 7 sampai 9 jam.

8. Membuat Tidur Sebagai Prioritas Bagi Seluruh Keluarga.
Anak-anak usia sekolah mendapatkan keuntungan dari rutinitas tidur yang teratur. Gunakan ritual yang membantu anak-anak seperti mandi, menggosok gigi, dan dongeng sebelum tidur. Sadarilah bahwa anak-anak anda mungkin mencoba untuk mendorong batas waktu tidur. “Anak-anak cukup cerdas, mereka akan mencoba untuk memanipulasi orang tua,” kata Collop.

Baca Juga :

Leave a comment