Cara Menjadi Seorang Ayah yang Baik

Reporter : | 22 Jun, 2015 - 12:49 pm WITA

Ayah , parenting, tips parenting, keluarga

(foto: pixabay)

ManadoToday – Sebagai seorang ayah, anda panutan bagi anak anda. Anda menunjukkan padanya bagaimana menjadi seorang pria – dan bagaimana yang seharusnya tidak dilakukan.

“Maskulinitas anak akan dibentuk oleh bagaimana anda terlibat,” tegas psikolog Michael J. Diamond, PhD dikutip dari webmd.com. “Ayah, pada gilirannya, akan lebih sensitif, lebih pemaaf, lebih cerdas secara emosi akibat dari terlibat menjadi seorang ayah dan belajar dari anak-anak mereka.”

Dibawah ini Diamond menawarkan beberapa saran.

Tidak bersaing. Banyak pria merasa ditinggalkan pada hari-hari awal kehidupan anak-anak mereka, karena bayi yang baru lahir membutuhkan semua perhatian dari ibunya, katanya. “Ini adalah waktu ketika banyak orang bertindak keluar, berselingkuh, menjadi kecanduan bekerja, obat-obatan, alkohol.”

Beraktivitas dengan anak. Jadilah aktif secara fisik dengan anak-anak Anda. “Pria cenderung untuk bermain dengan cara yang jauh lebih aktif, dan itu sangat penting untuk anak saat ia mulai dan menjelajahi dunia luar,” kata Diamond.

Tunjukan barang-barang yang anda punya. Bagi apa yang anda tahu dan siapa anda pada anak anda. “Anak laki-laki anda benar-benar membutuhkan anda untuk mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki,” kata Diamond.
Bermain game dengan dia, mendorong dia untuk mengekspresikan dirinya secara artistik, membeli satu set permainan balok dan bangun rumah mainan bersama-sama.

Jadilah pria sejati. Tunjukan pada anak anda bahwa pria adalah makhluk emosional. “Anakmu ingin melihat bahwa anda peduli dan penuh kasih,” kata Diamond.

Baca Juga :

Leave a comment