Dinilai Pilih Kasih, Bantuan Kelompok Tani Dinas Pertanian Minsel Disorot

Reporter : | 22 Jun, 2015 - 10:59 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Penyaluran bantuan bagi kelompok tani di Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan mendapat sorotan sejumlah elemen masyarakat. Hal ini disebabkan karena, Dinas Pertanian Kabupaten Minsel dinilai pilih kasih dalam memberikan bantuan sehingga banyak kelompok tani tidak mendapatkan bantuan.

“Banyak kelompok tani yang terpaksa harus gigit jari, karena belum pernah mendapatkan bantuan kendati sudah memasukan proposal. Itu kabarnya karena tidak dekat dengan pihalk yang memberikan bantuan,” ujar Herry Takapente salah satu pemeerhati pemerintahan di Kabupaten Minsel.

Parahnya lagi, kata Takapente, banyak bantuan bagi kelompok Tani, yang diduga tidak tepat sasaran, karena ada kelompok tani penerima bantuan justru bukanlah petani. “Ada kelompok yang layak mendapatkan bantuan, tapi justru tidak mendapatkan bantuan. Namun sebaliknya ada kelompok yang mendapatkan bantuan, tapi bukan sebagai Petani, hanya karena faktor kedekatan dengan pejabat atau kelompok tertentu. Ini kan salah sasaran namanya,” ujar Takapente.

Hal yang sama juga disampaikan dua anggota DPRD Minsel Ivone Rarang dan Billy Regar. Diakui keduanya, bahwa perihal bantuan kelompok tani ini, banyak yang mengeluh tidak pernah mendapatkan bantuan. Bahkan menurut kelompok tani yang belum pernah mendapatkan bantuan, penyaluran bantuan bagi kelompok tani dari Dinas Pertanian Minsel dari tahun ke tahun, hanya diberikan kepada kelompok tani yang sama.

“Jadi kepada Dinas Pertanian diharapkan ada pemerataan sehingga seluruh petani di Minsel dapat merasakan manfaat bantuan dari pemerintah. Jangan hanya kepada kelompok tertentu saja,” tukas keduanya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment