Pemprov Sulut dan JIPS Gelar Baksos

Reporter : | 19 Jun, 2015 - 8:23 pm WITA

Rangkaian Pengukuhan Pengurus dan Anggota JIPS

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) bersama para wartawan yang tergabung dalam wadah Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), melaksanakan kegiatan bhakti sosial (baksos) berupa pemberian bantuan kepada pengungsi penggusuran dan anak Panti Asuhan “An-Nur” Kelurahan Kombos Barat (Kombar) Kota Manado, Kamis (18/6/2015).

foto 1

Foto bersama Wagub Sulut Djouhari Kansil MPd, JIPS, dan warga pengungsi Desa Pangiang, Molas, di Asrama Atlet KONI Sario Manado.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian pengukuhan pengurus dan anggota JIPS tersebut, dihadiri langsung Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd.

Penyerahan bantuan diawali dengan anjangsana, berbagi kasih, dan melakukan pengobatan gratis bagi warga pengungsi Desa Pangiang, Molas, di Asrama Atlet KONI Sario Manado.

Dalam kesempatan itu, WagubKansil didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulut Drs. Star Wowor Msi,Koordinator JIPS Donny Aray, dan anggota JIPS lainnya, menyerahkan bantuan pakaian sekolah dan bahan natura.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan di Panti Asuhan “An-Nur”. Pada kesempatan itu, Wagub Kansil dan pengurus serta anggota JIPS, memberikan bantuan berupa gula pasir, super mie, dan MP Asi, yang diterima pimpinan panti asuhan.

foto 2

Wagub Sulut Djouhari Kansil, ketika menyerahkan bantuan di Panti Asuhan “An-Nur” Kelurahan Kombos Barat, didampingi Kadinsos Sulut Star Wowor, dan Koordinator JIPS Donny Aray.

“Kegiatan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sulut dan para wartawan yang tergabung dalam wadah JIPS yang setiap hari melakukan peliputan kegiatan Pemprov Sulut. Apalagi, saudara-saudara kita dari Umat Muslim mulai melaksanakan Ibadah Puasa. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat guna membantu meringankandalam menjalani Ibadah Puasa,” ujar Kansil.

“Harapan kami, kiranya kita semua akan selalu mendapat kesehatan yang baik dari Allah, apalagi dalam menjalankan ibadah puasa,” sambung Aray dihadapan anak-anak yang tingggal di Panti Asuhan An-Nur yang berjumlah 86 anak dan pengasuh 13.

Pengukuhan Pengurus dan Anggota JIPS

foto 3

Foto bersama Wagub Sulut Djouhari Kansil dan pengurus serta anggota JIPS, dengan anak-anak Panti Asuhan “An-Nur”.

Perkembangan dunia jurnalistik di Provinsi Sulut, saat ini begitu pesat dengan semakin banyak media cetak dan elektronik yang hadir memberikan informasi bagi masyarakat. Hal tersebut dikatakan Wagub Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, dalam acara pengukuhan pengurus dan anggota JIPS periode 2015-2017, yang dilaksanakan di ruang Mapalus, kantor gubernur Sulut, Kamis (18/6/2015).

Menurut Kansil, perkembangan media saat ini begitu pula terjadi di Lingkup Pemprov Sulut dimana tercatat ada 31 wartawa yang kesehariannya meliput di lingkup Pemprov Sulut.

“Saya menyambut baik inisiatif dari rekan-rekan wartawan yang bertugas di lingkup pemprov Sulut, yang membuat satu wadah untuk menjalin persatuan. Saya memberikan apresiasi karena dunia jurnalis merupakan bagian penting dalam perjalanan pembangunan daerah yang merupakan satu pilar penyanggah pembangunan,” ujar Kansil.

foto 4

Foto bersama Wagub Sulut Djouhari Kansil, para Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, bersama pengurus serta anggota JIPS periode 2015-2017 yang baru dikukuhkan.

Kata dia, Kehadiran JIPS diharapkan memberi informasi, menambah wawasan, dan membuka cakrawala pengetahuan masyarakat tentang kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Anggota JIPS yang terdiri dari para wartawan, diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan, profesionalisme, dan independensi dalam keseharian melakukan peliputan di jajaran pemprov Sulut. JIPS jadi corong informasi dan komunikasi bagi masyarakat,” terang Kansil.

Koordinator JIPS Donny Aray wartawan dari Kompas TV Manado, mengatakan pengukuhan JIPS adalah momentum baik, dimana JIPS merupakan wadah bersama para jurnalis yang bertugas meliput di kantor gubernur sulut.

“Rekan-rekan wartawan menggunakan kata independen, karena mereka memegang teguh independensi, sebagai mitra bersama Pemprov Sulut,”terangnya.

Lanjut Aray, wadah JIPS ini diharapkan jadi filter bagi para jurnalis, karena pada kenyataan dilapangan ada yang sering mengaku wartawan kepada para Kepala SKPD maupun pihak lainnya tapi ternyata mereka tidak jelas dari media mana.

“Dibentuknya JIPS ini, menjadi wadah pemersatu jurnalis, dan melakukan misi sosial yakni memberikan bantuan bagi sesama yang membutuhkan,” tandas Aray, sembari menambahkan JIPS berharap semua pihak yang ada di lingkup Pemprov Sulut, tak alergi dengan wartawan karena wartawan merupakan sahabat yang baik.

Anggota JIPS menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur (Wagub) Djouhari Kansil, Sekprov Siswa R Mokodongan yang telah bekerja sama dan memberikan banyak arahan bagi JIPS.

“Anggota JIPS tetap selalu memegang komitmen bersama memberitakan informasi tepat, jelas, akurat, dan independen demi nama baik Sulawesi Utara,” tambah Sekretaris JIPS, Simon Making wartawan Komentar.

Hadir dalam acara pengukuhan, pembina JIPS DR. Jemmy Kumendong MSi, selaku Kepala Biro Pem-Humas Sulut, Jemmy Ringkuangan AP, MSi, selaku Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut, dan para pejabat eselon II, III, dan IV serta pegawai di Pemprov Sulut. (advetorial).

Baca Juga :

Leave a comment