Keamanan Cyber untuk Anak

Reporter : | 19 Jun, 2015 - 3:34 pm WITA

Keamanan Cyber, parenting, tips parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak anda memilih untuk mengurung diri dengan teman-teman jejaring sosialnya dari pada beraktivitas di luar atau putri anda tidak mau nongkrong di mall dengan teman-temannya karena terlalu sibuk selfie dan memposting fotonya di Instagram.

Apakah anda harus menghentikan ketergantungan digital ini? Apakah ide yang baik untuk menanamkan rasa takut pada anak-anak tentang bahaya Internet ?

Anak-anak perlu memahami isu-isu keamanan online dan mempelajari yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan jasa online.” Tapi peneliti dan penulis Danah Boyd, PhD, mengatakan bahwa penting mereka untuk mengatasi teknologi saat ini. Terutama, ia menambahkan, karena anak-anak sekarang ini telah menolak beberapa kebebasan yang sering generasi sebelumnya lakukan.

“Teknologi seperti ini tidak akan hilang,” kata Boyd dikutip dari webmd.com. “Ini adalah bagaimana kehidupan masyarakat saat ini dibangun. Kita perlu orang-orang muda untuk belajar menavigasi lingkungan ini secara bertanggung jawab.”

Yang harus diawasi orang tua adalah orang-orang asing yang ditemui anak merka di dunia online, banyak kasus yang menunjukan orang-orang muda menjadi korban dari predator-predator online. Banyak remaja menjadi korban pelecehan online.

Ajar anak-anak anda tentang berperilaku aman saat online dengan tips-tips dari Boyd:
Mendorong teknologi. “Kuncinya adalah untuk membuat roda pelatihan digital ketika anak-anak berusia muda dan untuk menawarkan lebih banyak kebebasan saat masa remaja, sehingga ketika mereka keluar rumah, mereka membuat keputusan yang bertanggung jawab.”

Mengakui nilai plus dari teknologi. Tidak semua yang berkaitan dengan online adalah negatif. “Banyak anak muda yang tumbuh dengan teknologi dan menggunakan itu sebagai navigasi sebagai profesional muda, atau menyelesaikan masalah dengan cara-cara baru.”

Membuka dunia bagi anak anda. “Internet memungkinkan anda untuk melihat dunia yang lebih besar dan memberikan pengetahuan yang tidak terbatas bagi anak anda.”

Baca Juga :

Leave a comment