Bayi Akan Belajar Lebih Banyak Jika ‘Terkejut’

Reporter : | 17 Jun, 2015 - 2:29 pm WITA

bayi, parenting, tips parenting

(foto: pixabay)

ManadoToday – Menghadapi situasi atau objek yang mengejutkan dapat membantu bayi belajar lebih baik, sebuah studi baru menunjukkan.

Bayi dilengkapi dengan beberapa pengetahuan alami tentang dunia dan belajar baik ketika mereka membangun harapan yang bertentangan, menurut para peneliti dari Universitas Hopkins.

“Perilaku Bayi ‘tidak hanya sekedar respon refleksif untuk hal baru yang mengejutkan, melainkan mencerminkan upaya lebih untuk belajar tentang aspek-aspek dunia yang agar sesuai dengan harapan,” kata penulis studi Aimee Stahl seorang mahasiswa doktoral ilmu psikologi dan otak dikutip dari wbmd.com.

“Bayi tidak hanya dilengkapi dengan pengetahuan inti tentang aspek-aspek fundamental dari dunia, tapi dari awal kehidupan, mereka memanfaatkan pengetahuan ini untuk memberdayakan pembelajaran baru,” tambahnya.

Para peneliti melakukan serangkaian tes pada bayi berusia 11 bulan. Ketika bayi terkejut oleh sesuatu seperti objek yang seperti tidak dia harapkan, bayi terfokus pada objek dan belajar lebih banyak dari objek tersebut daripada dari objek yang sama tapi sudah dapat diprediksi.

Misalnya, satu percobaan menunjukkan bola digelindingkan ke bawah. Kadang-kadang, bola terhenti oleh dinding. Namun ketika bayi melihat bola melewati dinding, mereka lebih tertarik untuk menjelajahi bola, dan bahkan mereka memukul bola ke arah meja seolah-olah menguji soliditasnya, para peneliti menjelaskan.

Baca Juga :

Leave a comment