Penghargaan IGGA 2015 kepada Bupati Talaud Dipertanyakan

Taufik Tumbelaka

MANADO, (manadotoday.co.id) – Bupati Kabupaten Talaud Sri Wahyuni Manalip (SWM), belum lama ini menerima penghargaan Indonesia Good Governance Award (IGGA) Tahun 2015, yang diberikan oleh yayasan ternama di Indonesia. Penghargaan tersebut, dipertanyakan sejumlah pihak termasuk pengamat politik dan pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Taufik Tumbelaka.

Menurut dia, penghargaan tersebut masih perlu dipertanyakan. Sebab, harus diperjelas indokator dan variabel penilaiannya, agar masyarakat tahu apa yang diberikan dan dicapai Manalip.

“Itu harus diperjelas. Alasanya apa, sistem pemerintahan yang dikelolah itu memiliki prestasi atau tidak, tata kelolah pemerintahannya baik atau tidak? Sebab, kalau tak salah Bupati Talaud “sengaja” melakukan pergantian Sekda tanpa berkoordinasi dengan Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur (S.H. Sarundajang,red), yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. Bukan itu saja, saya dengar bupati “menolak” menemui Ketua dan beberapa anggota DPD RI ketika melakukan kunjungan kerja ke Talaud beberapa waktu lalu. Ini cukup aneh jika dia (bupati,red) dapat penghargaan good governance award,” terang Tumbelaka.

Lanjutnya, para Bupati, Walikota, dan pejabat di daerah di Bumi Nyiur Melambai, harus lebih bijaksana menyikapi undangan seperti pemberian penghargaan yang diberikan lembaga-lembaga swasta.

“Jangan sampai dugaan saya, pemberian penghargaan tersebut karena ada ‘pelicinnya’?” ungkap Tumbelaka.

Sementara Kabag Humas Pemprov Sulut, Yahya Rondonuwu, mengatakan jika ada pejabat pemerintah di daerah yang menerima penghargaan dari lembaga pemerintahan, ini merupakan bentuk apreseasi atas prestasi dalam penyelenggaraan system dan tata kelolah pemerintahan suatu daerah.

“Normatifnya, lebih layak menilai kinerja pemerintahan itu dari lembaga pemerintahan seperti Kemendagri, KemenPAN-RB, atau lembaga-lembaga pemerintah lainnya. Saya rasa itu lebih jelas. Kalau yang lain, saya rasa masih perlu dipertanyakan,” tandasnya.

Diketahui, Bupati Talaud menerima penghargaan Indonesia Good Governance Award 2015 dari salah satu Yayasan di Indonesia, dimana penyerahan penghargaan dilaksanakan di Ballroom Oasis Amir Hotel Jakarta, pekan lalu.

Menurut Bupati Talaud, penghargaan tersebut merupakan anugerah dari Tuhan yang tentunya akan didedikasikan kepada seluruh warga Talaud.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus bekerja dalam memacu pembangunan yang ada di kabupaten Talaud,” tukasnya. (ton)