Cara yang Benar Memotivasi Anak

Reporter : | 15 Jun, 2015 - 5:06 pm WITA

keluarga, parenting, mengasuh anak,

(foto: pixabay)

Tunjukan mereka bagaimana

Ingin anak anda makan sayuran ? Makan sayuran Anda. Anda adalah panutan terbaik yang dimiliki anak. Anak-anak mulai meniru orang tua mereka saat mereka masih bayi.

Berikan waktu anda sebagai hadiah

Alih-alih membelikan video game atau film, berikan waktu anda untuk bersama-sama sebagai hadiah seperti bersepeda bersama-sama atau pergi bertamasya.

Jangan gunakan makanan sebagai hadiah

Memberikan permen atau junk food sebagai hadiah mengajarkan anak-anak untuk menggunakan makanan sebagai cara memperbaiki perasaan mereka. Belajar menggunakan makanan untuk kenyamanan dapat mengatur mereka untuk hubungan yang tidak sehat dengan makanan.

Puji usaha mereka, bukan hanya hasil

Anak-anak membutuhkan pujian. Jika Anda ingin memotivasi mereka, fokus pada upaya mereka lebih dari hasil akhir. Ketika anak anda menunjukkan gambar yang dibuatnya, jangan hanya mengatakan itu bagus. Pujilah anak anda untuk seberapa keras dia berusaha menggambarnya.

Tetap tenang

Ketika anda mengajarkan anak anda untuk melakukan sesuatu, atau mendisiplinkan dia, tetap tenang. Ini adalah kesempatan untuk menjadi panutan cara memanajemen emosi yang sehat. Anak-anak bisa belajar bagaimana mengelola emosi mereka dengan melihat anda.

– Katakan padanya apa yang harus lakukan.

– Katakan padanya kapan harus melakukannya.

– Jelaskan konsekuensi jika tidak melakukan hal tersebut.

– Berikan perjanjian dan tidak memungkinkan negosiasi.

Berikan mereka inspirasi dari orang lain

Tidak peduli seberapa banyak kebiasaan yang coba anda tanamkan, anak-anak tetap meilihat orang lain. Gunakan kesempatan ini untuk membuat mereka lebih baik.

Bawa mereka melihat pertandingan sepak bola atau bisbol. Ini mungkin dapat memotivasi mereka lebih banyak dari apa yang bisa anda katakan.

Menawarkan pilihan, beberapa kontrol

Alih-alih memaksa anak-anak untuk melakukan tugas, berikan mereka pilihan. Tanyakan apakah mereka ingin melakukan tugas sekarang atau dalam beberapa menit. Tanyakan apakah mereka akan menyapu lantai atau mengepel.

Anak melawan ketika mereka merasa seperti mereka tidak memiliki kontrol. Menolak anda menjadi cara untuk menegaskan diri mereka sendiri. Memberi mereka beberapa nasihat akan membantu memotivasi mereka.

Ditambah memberi mereka pilihan sekarang akan mengajarkan mereka bagaimana membuat pilihan yang sehat kemudian.

Baca Juga :

Leave a comment