Akademisi Dukung Keterlibatan KPK di Pilkada

Reporter : | 15 Jun, 2015 - 11:20 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Keterlibatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkad), mendapat dukungan penuh salah satu akademisi sekaligus pengamat politik dan pemerintahan Sulawesi Utara (Sulut) Dr Ferry Liando SIP MSi.

Menurutnya, terlibatnya KPK pada proses demokrasi memilih kepala daerah, adalah langkah tepat guna mewujudkan Pilkada yang bersih, berintegritas serta bebas dari tindak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Saya sangat mendukung KPK terlibat dalam pra pilkada maupun dalam proses pilkada, untuk mencegah penyalahgunaan anggaran dari penyelenggara Pemilu maupun pihak yang terlibat dalam proses kompetisi memperebutkan kepala daerah,” tandas Liando.

Keterlibatan KPK dalam proses Pilkada, sangat penting mengingat anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah sangat besar dan rawan terjadi penyalahgunaan yang berujung tindak pidana. Selain itu juga akan meminialisir praktek money politik yang dilakukan oleh pasangan calon kepala daerah menjelang pencoblosan.

“Dengan demikian, Pilkada akan menghasilkan pemimpin, yang benar-benar sesuai memiliki kepedulian mensejahterakan rakyat, dan pemimpin yang mendukung pemberantasan korupsi. Sebab itu sudah sangat tepat jika KPK terlibat mengawasi proses demokrasi pelaksanaan Pilkada,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment