Pemkot Bitung Terus Genjot SDM di Sektor Kelautan dan Perikanan

Reporter : | 13 Jun, 2015 - 8:12 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id)-Sumber Daya Manusia (SDM) sektor kelautan dan perikanan di Kota Bitung terus digenjot. Baru-baru ini sudah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Direktur Politeknik Kelautan Perikanan Kota Bitung Ir Samuel Hamel MSi dengan Kepala Sekolah SMK 3 Bitung Julius Talimbekas SPd MCom di hadapan Wakil Walikota Bitung Maxmilian J Lomban SE M.Si dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung Ferdinand Tangkudung SIP,o MSi.

Penandatanganan MoU dilakukan di SMK 3 Bitung yang letaknya di Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Lembeh Selatan.

Menurut Kepsek SMK 3 Bitung Julius Talimbekas SPd MCom, sektor adalan Kota Cakalang yaitu sektor Kelautan dan Perikanan, makanya sudah harus sejak dini SDM mesti disiapkan agar tak kalah bersaing dengan tenaga-tenaga dari luar Bitung.

“Pengaruh KEK dan IHP sangat besar untuk perkembangan sektor perikanan. Sehingga, kita tidak mau jika akan menjadi tamu di rumah sendiri,” ujarnya.

Sementara  Wakil Walikota Bitung Maxmilian Lomban SE MSi, memberikan apresiasi kepada dua lembaga pendidikan ini, karena dengan adanya MoU, berarti para siswa sudah jelah setelah lulus SMK akan masuk ke mana. Selain itu, penyiapan tenaga spesial dalan dunia perikanan dan kelautan harus perlu dilakukan sejak dini. Pemerintah Kota Bitung sangat mendukung program ini.

“Bitung akan menghasilkan daya jual dan beli yang tinggi karena memiliki tenaga kerja yang handal dan siap bersaing dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Meningkatnya SDM yang terampil dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kota Bitung,” pungkasnya. (esa)

Baca Juga :

Leave a comment