Rorong Desak DPP dan DPD Gerindra Tak Akomodir Lumentut Maju di Pilwako Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Konstalasi politik terkait Pemilihan Walikota Manado (Pilwako) kian dinamis. Pendaftaran Wenny Lumentut dalam partai gabungan baru- baru ini, mendapat penolakan dari sejumlah kader Partai Gerindra.

Menurut mereka, Lumentut yang kini duduk sebagai anggota DPRD Sulut periode 2014-2019, dinilai khianati masyarakat khususnya kader Gerindra.

“Pak Wenny Lumentut bisa desebut haus jabatan, dan bahkan kekuasaan. Sebab, belum berbuat untuk wilayah Minahasa dan Tomohon, malah lebih memilih maju di Pilwako Manado. Ini namanya penghianatan terhadap rakyat,” ungkap sejumlah kader Gerindra dari Tomohon, yang enggan namanya dipublikasikan.

Lanjut mereka, diminta kepada DPP Gerindra, DPD Gerindra Sulut, serta DPC Gerindra Manado, tak mengakomodir kepentingan pribadi dari Lumentut.

“Kami mengharapkan agar para kader baik PAC, DPC Gerindra kota Manado, maupun DPD serta DPP tak mencalonkan Lumentut sebagai Walikota Manado karena dia sudah nyata-nyata berhianat terhadap rakyat yang sudah mempercayakannya sebagai anggota dewan,” harap para kader partai berlambang Burung Garuda tersebut.

Sikap antipati kepada Lumentut ini pun, disampaikan perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra di Kota Manado. Ketua PAC Kecamatan Malalayang Ronald “Kaka” Rorong, menegaskan PAC Malalayang mengambil sikap menolak Lumentut untuk menjadi Calon Walikota Manado.

Dia katakan, DPC Gerindra Manado dapat mempertimbangkan posisi Lumentut yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut.

“Kami keberatan jika Pak Wenny Lumentut dicalonkan partai Gerindra. Dia belum berbuat untuk masyarakat Minahasa dan Tomohon yang notabene telah mendongkraknya hingga meraih suara terbanyak di internal partai sampai duduk sebagai anggota dewan Sulut. Apalagi untuk Manado nanti. Selain itu, Dia hanya mempunyai massa real dari Minahasa dan Tomohon bukan dari Manado. DPP Gerindra kiranya perlu mempertimbangkan usulan kami dari PAC,” ujar Rorong, Rabu (10/6/2015).

Kata dia lagi, selain Lumentut masih banyak kader Gerindra Manado yang berhak dicalonkan sebagai orang nomor satu di ibukota Sulawesi utara ini.

“Banyak kader partai di kota Manado yang lebih berkualitas dan punya integritas, elektabilitas serta kapablilitas melebihi pak Lumentut. Ketua DPC Gerindra Manado Ibu Maudy Manopo, Sekretaris Apriano Ade Saerang dan Audi Lieke serta Ferdinand Mewengkang lebih pantas dicalonkan dari Lumentut. Aspirasi ini akan kami bawa ke tingkat DPC, DPD Sulut bahkan ke DPP partai Gerindra. Teman-teman PAC lain juga ikut mendukung. Saya sarankan lebih baik Pak Wenny Lumentut fokus saja di dewan demi kepentingan partai dan rakyat Sulawesi Utara, tidak usah masuk campur mengurusi kota Manado,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Manado Apriano Saerang, mengatakan pihaknya akan menampung aspirasi dari PAC tersebut untuk ditindaklanjuti.

“Aspirasi dari PAC ini, merupakan murni dari arus bawah. Hal ini akan kami koordinasikan dan komunikasikan di DPC Gerindra manado,” tutur Saerang. (ton)