Cara Cegah dan Mengobati Kutu Kepala Pada Anak

Reporter : | 07 Jun, 2015 - 5:35 pm WITA

Kutu Kepalam kutu, kutu anak, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Kutu kepala adalah serangga parasit bersayap yang hidup di antara rambut dan makan dengan menghisap darah. Mereka menyebar dengan mudah terutama di kalangan anak-anak sekolah dan melalui kontak dekat dan dengan berbagi barang-barang.

Mereka terutama menyebar kepala ke kepala melalui pakaian, seprei, sisir, sikat dan topi. Kutu banyak berkembang pada kulit kepala, di bagian leher atau di atas telinga.

Ada dua jenis kutu yang bersarang di rambut, pertama telur kutu: Mereka biasanya berwarna kining, dan cokelat sebelum mereka menetas. Itu biasanya terdapat di bulu rambut. Dan kedia kutu dewasa dan nimfa (bayi kutu): Ditemukan kutu dewasa berwarna keabu-abuan atau cokelat. Nimfa berukuran lebih kecil dan menjadi kutu dewasa sekitar 1 sampai 2 minggu setelah menetas.

Jika anak anda mulai menggaruk-garuk kepala karena gatal dan muncul benjolan merah kecil atau luka saat menggaruk, ada kemungkinan anak anda telah diserang kutu.

Untuk pengobatan, dapat diberikan shampoo terbuat dari Malathion atau Lindane yang diresepkan. Gunakan sisir kutu untuk mengurangi kutu sedikit demi sedikit dan keramas rambu anak sebanyak tiga sampai empat hari selama dua minggu.

Sebagai langkah pencegahan cuci seprai dan pakaian yang dipakai oleh siapa pun di rumah yang berkutu dengan air panas. Rendam alat-alat perawatan rambut seperti sisir, ikat rambut atau bando dan sikat menggunakan alkohol atau obat sampo selama satu jam, atau juga bisa direndam dengan air panas.

Beritahu anak untuk menghindari kontak kepala saat di sekolah, selama berolahraga atau saat bermain dan hindari berbagi sisir, sikat, topi, pita, syal, bando atau handuk. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment