Hepatomegali atau Pembesaran Hati Pada Anak

Reporter : | 07 Jun, 2015 - 4:01 pm WITA

Hepatomegali , Pembesaran Hati , penyakit kuning, tips sehat,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Hati (liver) adalah organ yang terletak di bawah tulang rusuk bagian kanan. Penyebab umum pembesaran hati pada anak-anak adalah virus hepatitis dan malaria. Hepatomegali nama lain dari pembesaran hati dapat dikaitkan dengan gejala seperti penyakit kuning, nyeri dan demam.

Hati mempunyai tanggung jawab penting bagi tubuh, itu berfungsi untuk menyaring darah, memproduksi empedu, suatu zat yang membantu mencerna lemak dan mengeluarkan zat-zat lemak tertentu, menyimpan gula, memproduksi protein-protein penting, memetabolisme banyak obat, seperti barbiturat, sedatif, dan amfetamin, menyimpan besi, vitamin A dan D, beberapa dari vitamin B dan masih banyak lagi.

Untuk tanda dan gejala pembesaran hati, jika hati membesar dengan cepat, akan terasa empuk jika disentuh. Itu juga dapat menyebabkan sakit perut atau kembung. Pembesaran hati mempengaruhi fungsi hati yang dapat menyebabkan penyakit kuning.

Penyebabnya pada anak-anak termasuk virus hepatitis seperti hepatitis A; galaktosemia, penyakit turunan di mana tubuh tidak dapat mentoleransi gula tertentu pada susu, gula ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada hati dan organ tubuh lainnya.

Penyebab lainnya adalah sindrom Alagille, suatu kondisi di mana salurang empedu menyempit, ini sering terjadi pada tahun pertama sejak anak lahir dan juga dosis tinggi vitamin seperti vitamin A dan D.

Penggunaan jangka panjang obat acetaminophen, antibiotik tertentu, steroid juga dapat menyebabkan pembesaran hati. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment