Ini yang Harus Dilakukan Jika Anak Menelan Koin

Reporter : | 06 Jun, 2015 - 2:38 pm WITA

Koin, anak menelan koin, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Menelan benda-benda kecil seperti koin secara tidak sengaja sangat umum terjadi pada anak-anak. Koin yang tertelan akan tertahan di kerongkongan, ini dapat menyebabkan obstruksi, sehingga tidak mungkin bagi anak untuk menelan, mengeluarkan air liur dan memiliki risiko kerongkongan bocor.

Koin dapat diangkat oleh dokter dengan menggunakan tabung yang disebut endoskopi.

Dalam sebagian besar kasus, koin dapat langsung tertelan. Lokasi umum dari obstruksi adalah pilorus (pembukaan yang menghubungkan lambung ke usus bagian atas atau usus dua belas jari) dan katup ilieocaecal (hubungan antara usus halus dan usus besar). Objek yang lebih kecil dari diameter 2,5 cm biasanya langsung masuk ke perut dan melalui usus kecil, usus besar, rektum tanpa adanya komplikasi. Posisi koin dapat diketahui dengan sinar-x.

Koin dapat diangkat dengan endoskopi jika koin tetap di perut selama 3 minggu. Meskipun koin melewati luar perut, itu masih dapat menyebabkan masalah pada usus kecil atau usus besar. Jika tidak melalui usus kecil selama dua minggu berturut-turut maka operasi pengangkatan bisa dilakukan. Jika koin tetap dalam usus selama 3 minggu, endoskopi (colonoscopic) penghapusan juga akan disarankan. Jika tanda-tanda obstruksi usus terjadi seperti sakit perut yang parah, distensi atau demam, pembedahan mungkin harus segera dilakukan

Gejala karena menelan koin:

– Seorang anak yang tidak sengaja menelan sebuah objek atau koin akan tiba-tiba batuk, tersedak, meneluarkan air liur, rasa sakit di tenggorokan atau ketidakmampuan untuk makan atau minum.

– Kesulitan menelan.

– Menolak untuk makan

– Muntah / muntah darah.

– Merasa ada benda asing di tenggorokan.

– Sakit dada.

– Sakit tenggorokan.

– Demam yang tidak jelas. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment