Hilangkan Kebiasaan Anak Ngompol di Malam dan Siang Hari

Reporter : | 06 Jun, 2015 - 1:26 pm WITA

ngompol, inkontinensia , tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Hilangnya kontrol kantung kemih disebut inkontinensia urin. Inkontinensia juga disebut enuresis. Enuresis nokturnal adalah kencing tidur atau umum diketahui dengan isitilah ngompol, ini juga disebut inkontinensia malam hari sedangkan Enuresis diurnal adalah kebalikannya, ini juga disebut inkontinensia siang hari.

Inkontinensia mulai berkurang setelah usia 5 tahun: Sekitar 10 persen usia 5 tahun, 5 persen pada usia 10 tahun, dan 1 persen pada mereka yang berusia 18 tahun. Hal ini dua kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.

Apa yang menyebabkan inkontinensia malam hari?

Ini lebih dikenal banyak orang dengan sebut ngompol. Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan inkontinensia malam hari. Faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi adalah termasuk pengembangan fisik yang lambat, kelebihan produksi urin dimalam hari, kurangnya kemampuan untuk mengendalikan kandung kemih dan kecemasan. Bagi banyak orang, ini dipengaruhi oleh adanya anggota keluarga juga sering ngompol. Sedangkan untuk inkontinensia siang hari, penyebabnya mungkin kandung kemih yang terlalu aktif.

Penyebab lainnya:

– Kapasitas kandung kemih kecil.

– Masalah struktural.

– Kecemasan.

– Tekanan untuk buang air besar yang besar (sembelit).

– Minuman atau makanan yang mengandung kafein, yang meningkatkan produksi urine atau bahan lain yang mungkin memiliki reaksi alergi, seperti cokelat atau pewarna buatan.

Bagaimana cara menyembuhkan inkontinensia?

Kebanyakan inkontinensia hilang dengan alami, mengikuti perkembangan tubuh, berikut tahap-tahapnya:

– Peningkatan kapasitas kandung kemih.

– Pemicu untuk bangun jika merasa kencing telah aktif.

– Kandung kemih yang terlalu aktif mereda.

– Produksi ADH menjadi normal.

– Anak belajar untuk menanggapi sinyal tubuh untuk menunda kencing.

Sedangkan cara yang dapat dilakukan adalah mengurangi minum air sebelum tidur dan ajarkan mereka untuk bangun jika merasa kencing. Menghindarai kafein atau makanan lain yang ditenggarai dapat membuat kantung kemih anak lebih aktif juga disarankan.

Baca Juga :

Leave a comment