Jenis Bekas Luka Bakar dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Reporter : | 05 Jun, 2015 - 1:54 pm WITA

luka bakar, Keloid, Hipertrofik

(foto: pixabay)

ManadoToday – Ada tiga jenis utama dari luka bakar berhubungan dengan bekas: Keloid, Hipertrofik dan Kontraktur.

Bekas luka Keloid

Bekas luka keloid adalah pertumbuhan berlebih jaringan bekas luka. Bekas luka akan tumbuh melampaui lokasi cedera. Bekas luka ini biasanya berwarna merah atau merah muda dan akan menjadi gelap seiring waktu.

Bekas luka Hipertrofik

Bekas luka hipertrofik berwarna merah, tebal dan menonjo, namun ini berbeda dengan bekas luka Keloid karena ini tidak keluar dari lokasi cedera atau sayatan.

Bekas luka Kontraktur

Bekas luka Kontraktur adalah pengetatan permanen kulit yang dapat mempengaruhi otot-otot dan tendon yang membatasi mobilitas dan kemungkinan merusak atau degenerasi saraf.

Pengobatan

Prosedur bedah: Membantu untuk menyembunyikan bekas luka dan mengganti jaringan yang hilang untuk korban luka bakar yang parah.

Dermabrasi dan Cangkok Kulut: Dermabrasi adalah prosedur pembedahan untuk memperbaiki atau meminimalkan munculnya bekas luka, mengembalikan fungsi dan cacat yang dihasilkan cedera sedangkan Cangkok Kulit adalah prosedur pembedahan di mana sepotong kulit dari satu area tubuh pasien ditransplantasikan ke area lain dari tubuh.

Penggunaan Pressure Garment/Tubigrip: Pressure Garment/Tubigrip berutujuan untuk meminimalkan ukuran luka, alat ini biasanya berbuntuk pembalut yang mampu menekan jaringan yang keluar. Agar efektif ini harus dipakai sepanjang hari dan dilepas jika hanya ingin mandi. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment