SHS: Rumah Sakit Daerah Harus Mampu Bersaing dengan Rumah Sakit Modern

 

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), mengatakan rumah sakit daerah (RSD) harus tampil terdepan dalam menghadapi persaingan dengan rumah sakit modern. Hal tersebut disampaikannya di acara jamuan makan malam bersama peserta Rakernas IX Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) seluruh Indonesia di Graha Bumi Beringin Manado.

Menurut SHS sapaan familiar Sarundajang, pelayanan RSD sejak dulu sangat luar biasa dan telah dirasakan oleh masyarakat. Karena di saat Indonesia sementara menata kehidupan bangsa, sejarah membuktikan RSD telah tampil terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Walaupun masih diperhadapkan dengan berbagai keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya manusia,” terang SHS, sembari menyatakan dirinya kurang setuju munculnya banyak rumah sakit modern dewasa ini, sehingga banyak masyarakat meninggalkan RSD.

“Guna mengatasi tantangan kedepan mestinya para Dirut RSD harus meminta dukungan Pemda. Kalian jangan merasa malu, sebaliknya berjuang sampai ke pemerintah pusat untuk minta dana subsidi. Tapi saya yakin lewat semangat otonomi daerah akan memberi peluang yang besar bagi RSD,” ungkap SHS. Diketahui, hadir di acara itu Wagub Sulut DR. Djouhari Kansil, dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ton)