Pertolongan Pertama Untuk Luka Ringan dan Lecet

Reporter : | 02 Jun, 2015 - 4:30 pm WITA

tips sehat, mengobati luka, lecet,

(foto: pixabay)

ManadoToday – Setiap sedera yang terjadi kulit disebut luka. Sebuah trauma seperti sobekan, potongan atau tusukan menyebabkan luka terbuka. Sedangkan trauma benda tumpul menyebabkan luka tertutup.

Luka terbuka memiliki beberapa jenis, antara lain lece, laserasi/luka potong, luka tusukan, amputasi dan avulsions yang merupakan kondisi dimana bagian tubuh tercabik. Catatan: Amputasi dan avulsions memerlukan intervensi medis yang mendesak.

Sedangkan untuk jenis luka tertutup antara lain memar, hematoma yang juga disebut tumor darah, ini terjadi karena kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan darah berkumpul di bawah kulit dan cedera naksir yang disebabkan oleh pemberian gaya dalam jumlah besar dalam waktu yang lama pada kulit.

Pertolongan pertama untuk luka ringan:

– Gunakan kapas atau kasa bersih untuk memberikan tekanan ringan untuk mengontrol / menghentikan perdarahan.

– Bersihkan luka dengan air sabun hangat / air antiseptik atau air biasa yang bersih. Cuci dengan arah berlawan untuk menghapus bahan asing yang tertempel di luka. Bisa juga menggosok luka dengan kuat sampai tidak ada kotoran yang terlihat di luka.

– Bilas kembali luka. Biarkan luka sedikit berdarah atau terapkan tekanan dengan bahan yang bersih, jika saat menggosok luka menyebabkan perdarahan.

– Oleskan salep antibiotik dan perban luka.

– Amati luka jika ada tanda-tanda dan gejala infeksi, seperti peningkatan kemerahan, bengkak, panas, nyeri, berbau busuk atau demam.

– Jika luka berukuran besar, serius atau jika ada perdarahan yang berlebihan, cari pertolongan medis dengan cepat.

Baca Juga :

Leave a comment