SHS: Gotong Royong Unsur Kearifan Lokal Sulut

Reporter : | 29 Mei, 2015 - 10:30 pm WITA

foto 1

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, mendampingi Presiden RI Joko Widodo di pameran BBGRM ke XII dan HKG PKK ke-43 yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Utara.

SEMANGAT Gotong Royong menjadi unsur kearifan lokal di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang dikenal dengan budaya Mapalus, Mapaluse, dan Moposat. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ketika menghadiri puncak acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XII dan HKG PKK ke-43 yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Utara.

Menurut SHS, semangat Mapalus, Mapaluse, dan Moposat, telah lama diciptakan warga Sulut dalam menjaga persatuan bangsa.

foto 2

Presiden RI Joko Widodo, ketika memberikan Kartu Indonesia Pintar kepada salah satu siswa di Sulut.

Sementara dalam sambutan Presiden Jokowi di acara BBGRM dan HKG PKK, menyatakan intisari pancasila adalah Gotong royong. Menurut dia, tanggung jawab membangun bangsa kedepan adalah dilandasi dengan semangat gotong royong.

“Karena itu adalah modal sosial. Gotong royong adalah jiwa bangsa. Gotong royong harus dimaknai dengan baik dan aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tak mudah menjalankam semangat gotong royong ditengah kehidupan yang penuh individualisis dan ego sosial,” ujar Presiden Jokowi, dalam acara yang dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sejumlah Menteri, Anggota DPR RI, para Gubernur dan Bupati/Walikota yang hadir di acara tersebut.

foto 3

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang didampingi istri Ny. Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, ketika menjemput kedatangan Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan, di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Dikatakan Presiden Jokowi, kegiatan BBGRM ini merupakan momentum mengingatkan bangsa Indonesia terutama bagi generasi penerus bangsa. Sebab, mereka yang memegang masa depan bangsa.

“Untuk itu, semangat gotong royong harus dilaksanakan sejak dini bagi mereka penerus bangsa,” tandasnya.

Disisi lain, Presiden Jokowi memberi apresiasi atas pelaksanaan kegiatan BBGRM ke XII dan HKG PKK ke 43 yang diselenggarakan di Sulut.

foto 4

Ibu Negara Iriana Joko Widodo ketika memberikan penghargaan Adhi Bhakti Utama PKK kepada Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, di puncak acara BBGRM ke XII dan HKG PKK ke-43.

Diketahui, dalam rangkaian kunjungan kerja di Sulut, Presiden Jokowi membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), di Kabupaten Minahasa Utara dan Sangihe.

Dalam puncak acara kegiatan BBGRM ke XII dan HKG PKK ke-43, Ketua TP PKK Sulut Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, mendapatkan penghargaan Adhi Bhakti Utama PKK, yang diserahkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. (advetorial)

Baca Juga :

Leave a comment