Pertolongan Pertama Pada Anak yang Keracunan

Reporter : | 28 Mei, 2015 - 1:12 pm WITA

 Racun, tertelan racun, pertolongan pertama keracunan, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Keracunan sangat rentan terjadi pada anak-anak, untuk mencegah hal ini peran orang tau sangat penting untuk mengamankan barang-barang berbahaya atau zat-zat beracun dengan cara memasukkannya dalam wadah terkunci agar anak tidak dapat menjangkaunya.

Dan jika anak anda sudah terlanjur keracunan, dibawah ini ada beberapa tips pertolongan pertama yang harus anda berikan kepada mereka.

Racun yang terhirup

Bawa segera anak anda ke tempat terbuka agar mendapatkan udara segar. Buka pintu dan jendela agar udara dari luar bisa masuk. Jika anak kesulitan bernapas, langsung berikan pernapasan buatan dan segera bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Racun pada kulit

Buka semua pakaian yang terkontaminasi dan mulai cuci kulit yang terkena racun dengan air yang mengali selama sepuluh menit. Setelah itu cuci dengan sabun dan bilas dengan air, jika gejala terus terjadi bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Racun pada mata

Siram mata dengan air hangat yang mengalir dari gelas besar. Terus lakukan hal ini selama 15 menit dan minta anak untuk berkedip sebanyak mungkin agar air mengairi mata. Jangan coba untuk memaksa kelopak mata terbuka.

Menelan racun

Jika hal ini terjadi jangan memasukan apapun melalui mulut. Jika ada berikan sirup ipecac untuk menginduksi muntah. Ingat jangan memberikan ipecac pada anak-anak di bawah usia satu tahun. Bawa anak segera ke unit gawat darurat untuk mendapatkan perawatan. (artikel ini dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment