Wabup Minahasa Buka Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu

Reporter : | 27 Mei, 2015 - 3:44 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa menggelar sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu tahun 2015, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu 20 Mei 2015.

Acara ini dibuka Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang. Dalam sambutannya, Sarundajang menyampaikan, kegiatan ini menjadi upaya meningkatkan koordinasi penanggulangan kemiskinan di tingkat provinsi, kabupaten, kota.

Dimana, telah dibentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang diharapkan bekerja untuk menanggulangi kemiskinan sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan sosialisasi ini, pemerintah mengharapkan peran serta dari seluruh SKPD agar memberikan masukan disertai data kepada BPS untuk tercapainya program-program bersama,”ucap Sarundajang yang akrab di sapa Ivansa ini.

Sementara itu dalam laporannya Kepala BPS Kabupaten Minahasa Ir Hendra Tumbelaka memberikan informasi bahwa kegiatan ini adalah bagian dari visi misi dan program nasional “Nawa Cita” yang berarti sembilan agenda perubahan.

Salah satunya,
mengenai peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program perlindungan sosial seperti Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, maka berdasarkan Instruksi Presiden RI no 7 tahun 2014 menugaskan BPS melakukan pemutakhiran terhadap data PPLS (Program Perlindungan Sosial) tahun 2015.

Lebih lanjut ujarnya, untuk menjamin ketepatan sasaran dan meminimalkan terjadinya inclusion error dan exclusion error serta BDT, maka BPD melakukan perbaikan dengan kegiatan sebelumnya (PPLS 2011).

BDT akan dilakukan melalui dua tahapan penting yaitu verifikasi publik dan pendataan rumah tangga sasaran door to door.

“Pada intinya program ini dititik beratkan pada ketersediaan data yang valid guna menunjang program pemerintah yang kian serius di galakkan,”ucap Tumbelaka. (Rom)

Baca Juga :

Leave a comment