Cara Keluarkan Serangga atau Benda Lain yang Masuk ke Telinga Anak

Reporter : | 27 Mei, 2015 - 6:45 pm WITA

 Telinga, kesehatan  Telinga, serangga dalam telinga

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak-anak cenderung menempatkan benda-benda asing seperti manik-manik, kertas dan penghapus di telinga dan hidung mereka. Hal ini sangat umum terjadi pada anak-anak terutama di bawah usia lima tahun.

Anak-anak yang secara tidak sengaja memasukan benda asing kedalam telinga biasanya mengeluh sakit dibagian telinga, mengalami pendarahan dari telinga dan gangguan pendengaran.

Dan jika anda menemukan hal seperti ini terjadi pada anak anda jangan panik, hindari mengeluarkan objek sendirian dengan menggunakan pinset ataupun alat-alat lain, jangan menempatkan objek-objek lain seperti minyak ke telinga untuk menghilangkannya secara alami dan segera konsultasikan ke spesialis THT.

Jika yang masuk adalah serangga, hindari meletakkan jari di telinga, putar kepala anak ke sisi yang terkena dan tunggu apakah serangga akan terbang atau merangkak keluar.

Tuangkan minyak mineral, minyak zaitun atau baby oil ke telinga. Tarik daun telinga dengan lembut ke belakang dan ke bawah sambil menuangkan minyak. Melakukan hal ini membuat serangga terperangkap dan dapat mengapung ke minyak. Ingat hindari penggunaan minyak untuk menghapus objek selain serangga karena minyak dapat menyebabkan pembesaran pada benda lainnya. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment