Gigi Bayi Tanggal, Anak Siap Dapatkan Gigi Permanen

Reporter : | 27 Mei, 2015 - 5:42 pm WITA

Gigi , Gigi bayi,Gigi Permanen

(foto: pixabay)

ManadoToday – Gigi bayi tanggal dengan sendirinya untuk membuat ruang untuk gigi permanen. Setelah anak kehilangan gigi bayi pertama, gigi bayi yang tersisa secara bertahap akan tercabut sendiri sampai sekitar usia 12 atau 13 tahun. Gigi bisanya tanggal menurut urutan, pertama gigi seri, diikuti geraham pertama bayi, gigi taring, dan gigi geraham kedua.

Beberapa anak sangat antusias tanggalnya gigi bayi, sementara yang lain merasa gugup. Beberapa anak mengalami sakit gusi dan perdarahan minimal. Penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen (Advil, Motrin, dll), acetaminophen (Tylenol, dll) dan analgesik topikal dapat membantu.

Karena gigi permanen anak akan harus berlangsung seumur hidup, sangat penting untuk merawat mereka. Ajarkan anak anda untuk menyikat gigi sendiri setelah makan. Anak-anak harus dibawa ke dokter gigi pertama mereka pada usia 3 tahun – sebelum terjadi masalah.

Langkah-langkah yang dapat ambil untuk mengurangi risiko kerusakan gigi meliputi:

– Batasi makan makanan manis, ini termasuk jus dengan kadar gula tinggi, seperti jus apel.

– Berikan anak suplemen fluoride. Dokter gigi mungkin meresepkan suplemen fluoride.

– Dan yang terakhir adalah ajarkan anak untuk menyikat gigi setiap hari, serta bagaiman cara menyikat gigi yang benar. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment