Tips Mencegah dan Mengobati Amoebiasis

Reporter : | 27 Mei, 2015 - 3:44 pm WITA

Amoebiasis , parasit usus , obat  Amoebiasis,ManadoToday – Amoebiasis adalah penyakit parasit usus yang disebabkan oleh parasit mikroskopis bersel tunggal yang disebut Entamoeba histolytica. Parasit ini hidup bergantung pada organisme lain.

Amoebiasis biasanya terjadi karena mengkonsumsi air yang terkontaminasi atau makanan yang mengandung kista Entamoeba. Paling sering menyebar melalui lalat dan kecoak.

Anak-anak dengan amoebiasis mengalami gejala seperti kentut berbau sangat busuk dan terlihat gelisah. Infeksi kronis dapat menyebabkan penurunan berat badan dan anak kekurangan gizi. Ada rasa sakit di perut bagian bawah. Jika periode infeksi dibiarkan lama dapat melibatkan hati dan organ tubuh lainnya yang juga mengarah ke suatu kondisi yang disebut sebagai abses amuba.

Amoebiasis adalah penyakit yang 100 persen dapat diobati dan antibiotik tertentu seperti metronidazole atau nitazoxanide dapat digunakan untuk pengobatan berdasarkan resep dokter. Jika penyakit ini berkembang dan menyebabkan pembentukan abses, maka perlu dilakukan pembedahan.

Serta untuk pencegahan, anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini:

– Perhatikan air minum yang akan dikonsumsi, pilih air mineral atau air yang direbus selama 20 menit.

– Cuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

– Potong dan jaga kuku tetap bersih

– Cuci sayuran dan buah-buahan baik di air yang mengalir sebelum dimakan atau dimasak

– Hindari berbagi handuk dengan orang yang terinfeksi

– Hindari alkohol untuk mencegah komplikasi usus jika memiliki amoebiasis.

Baca Juga :

Leave a comment