Pertolongan Pertama Jika Demam

Reporter : | 27 Mei, 2015 - 2:14 pm WITA

Demam, obat Demam, tips demam, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Demam adalah salah satu reaksi tubuh jika ada infeksi. Suhu tubuh normal manusia adalah 98,6 F (37 C), tapiĀ  jika suhu rektal (dubur) lebih tinggi dari 100.4 F (38 C) itu selalu dianggap demam.

Pembacaan suhu rektal umumnya 1 derajat F (sekitar 0,5 derajat C) lebih tinggi dari pembacaan lisan. Untuk anak-anak yang sangat muda dan bayi, suhu sedikit lebih tinggi saja mungkin menunjukkan infeksi serius. Pada bayi baru lahir, suhu di bawah normal daripada demam juga bisa menjadi tanda penyakit serius.

Jika kasus demam sama seperti dibawah ini, segera berikan bantuan medis:

– Jika bayi dibawah usia 3 bulan dan memiliki suhu rektal 100.4 F (38 C) atau lebih tinggi segera hubungi dokter bahkan jika bayi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala lainnya.

– Jika bayi berusia lebih dari 3 bulan dan memiliki suhu 102 F (38,9 C) atau lebih tinggi.

– Jika bayi yang baru lahir memiliki suhu dibawah dari normal – kurang dari 97 F (36,1 C) suhu dubur.

– Jika seorang berusia kurang dari dua tahun memiliki demam yang berlangsung lebih dari satu hari, atau anak usia 2 tahun atau lebih mengalami demam selama lebih dari tiga hari.

– Jika orang dewasa memiliki suhu lebih dari 103 F (39,4 C) atau telah demam selama lebih dari tiga hari.

Untuk pengobatan, simpan selalu sebotol sirup crocin di rumah. Berikan 5ml sampai 10 ml sirup tergantung pada usia anak atau spon hangat atau kain basah berikan diseluruh tubuh anak. Bisa juga berikan obat demam lain yang aman. (artikel dikutip dari healthcaremagic)

Baca Juga :

Leave a comment